About Me

Thursday 8 May 2014

5 Serangga Kecil Ini Sangat Membantu Para Petani

lebah-madu

Salah satu aktivitas yang dilakukan oleh manusia dan sangat berguna untuk kehidupan manusia adalah pertanian. Biasanya manusia akan bertani menanam segalam macam makanan yang dapat mereka makan atau di jual di pasaran untuk mendapatkan uang.

Makanan yang biasa para petani tanam adalah sayur, padi, buah dan masih banyak lagi. Dengan begitu mereka dapat melangsungkan kehidupan mereka di dunia ini.

Namun, untuk bercocok tanam tidak semudah yang dipikirkan. Ada banyak masalah yang harus petani hadapi untuk menjaga tanamannya, salah satunya ulat. Ulat dapat merusak tanaman sehingga petani mendapatkan hasil panen yang buruk.

Tapi para petani tidak perlu khawatir, karena beberapa serangga kecil yang akan kita bahas kali ini sangat berguna untuk membantu para petani.

Nah, mau tau serangga jenis apa saja yang sangat membantu para petani? Yuk , langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini:

1. Lacewings

lacewings

Serangga kecil yang satu ini memiliki sayap yang bisa terbang seperti kupu-kupu. Namun, berbeda dengan kupu-kupu yang lebih suka hingga di bunga untuk menghisap nektar. Serangga kecil ini lebih suka hinggap di daun tumbuh-tumbuhan dan daun bunga, untuk memakan kutu daun, telur ngengat, larva ulat dan tungau. Oleh karena itu, hewan kecil yang akan merusak tanaman tersebut akan mati dan musnah.

2. Lalat Bunga

lalat-bunga

Jika dilihat lalat ini lebih mirip dengan tawon yang menghasilkan madu. Tapi, sebenarnya ini bukan tawon, melainkan jenis lalat kecil yang juga sangat membantu para petani. Lalat bunga ini akan membantu sama seperti seranggah lacewings, yaitu memakan kutu daun, telur ngengat, larva ulat dan tungau. Lalat bunga ini juga sangat membantu beberapa buah untuk menjadi lebih besar seperti rasberry dan strawberry.

3. Lalat Buah

lalat-buah

Lalat yang satu ini bukan jenis lalat yang sering menganggu di rumah-rumah. Tapi, jenis lalat ini adalah lalat buah yang sangat membantu para petani. Lalat ini menjadi musuh utama para ulat yang akan merusak buah-buahan.

4. Capung

capung

Capung merupakan jenis serangga yang sangat membantu para petani di ladang. Capung in dapat menjaga populasi nyamuk agar tetap di bawah kendali. Capung juga jenis serangga yang paling banyak disenangi oleh anak-anak karena bentuknya yang lucu, dan warnanya yang indah.

5. Lebah Madu

lebah-madu

Jenis serangga yang satu ini juga sangat bermanfaat untuk membantu para petani di ladang. Lebah madu ini memiliki banyak bulu di tubuhnya. Bulu itulah yang berguna untuk membantu para petani dalam proses pembuahan.

Lebah madu ini nantinya akan menghinggap di satu bunga sehingga serbuk sari akan menempel di bulu-bulunya. Kemudian ia akan menghinggap di bunga lain, dan serbuk sari bunga yang satu akan menempel di putik bunga yang lain, sehingga terjadilah pembuahan.

Nah, itulah dia kelima serangga kecil yang sangat membantu para petani.

Sumber: http://palingseru.com/39270/5-serangga-kecil-ini-sangat-membantu-para-petani

0 komentar:

Post a Comment