About Me

Wednesday 3 October 2012

Keajaiban Makanan Pahit untuk Kesehatan Kita


Banyak ahli gizi dan ahli kesehatan menyarankan kita agar banyak mengkonsumsi makanan pahit. Penelitian membuktikan bahwa makan lebih banyak makanan pahit sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.
Dari penjelasan tersebut pasti muncul satu pertanyaan: Mengapa makanan pahit dapat bermanfaat bagi kesehatan kita, apa alasannya?

Ada beberapa alasan mengapa kita sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan pahit, berikut rinciannya:

Mengubah Kondisi Seimbang Dari Lima Rasa

Ada lima rasa dari makanan (asam, manis, pahit, pedas, dan asin), kelima rasa tersebut umumnya harus seimbang. Namun disadari ataupun tidak, kebanyakan dari kita cenderung untuk mengambil terlalu banyak rasa asin dan manis dalam diet sehari-hari. Nah, hal inilah yang menyebabkan timbulnya banyak penyakit yang menyebabkan kondisi fisik yang buruk dan ketahanan tubuh kita menurun. Dalam rangka untuk mengubah ketidakseimbangan dari lima rasa tersebut, para ahli menyarankan pada kita untuk makan lebih banyak makanan pahit.

Meningkatkan Nafsu Makan

Di musim panas, sebagian besar orang mungkin mengalami nafsu makan yang buruk. Rasa pahit dapat merangsang pengecap lidah, mengaktifkan saraf gustatory, merangsang kelenjar ludah, dan meningkatkan sekresi air liur. Selain itu, juga dapat merangsang sekresi asam lambung dan empedu. Setelah semua efek digabungkan, maka akan meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan pencernaan, dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan fisik dan meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Memurnikan Hati dan Menyegarkan Otak

Makanan pahit mengandung theobromine dan kafein yang dapat membuat kita merasa segar dan nyaman setelah makan. Sehingga bisa membuat kita merasa rileks dari kondisi mental yang gelisah di musim panas.

Melepaskan Panas dan Mengusir Racun Dalam Tubuh

Pengobatan Cina menyatakan bahwa makanan pahit memainkan peran penting dalam menghilangkan dysphoria disebabkan oleh panas yang berlebihan di dalam tubuh. Melepaskan panas tubuh tidak hanya dapat menurunkan demam, tetapi juga dapat membuat racun diekskresikan keluar dari tubuh lewat buang air besar dan buang air kecil, sehingga membuat anak-anak bebas dari wasir.

Meningkatkan Fungsi Hematopoiesis

Makanan yang pahit dapat menjaga kondisi normal dan seimbang dari bakteri dalam saluran usus. Hal ini bisa menghambat bakteri berbahaya dan membantu bakteri baik agar dapat membantu meningkatkan fungsi saluran usus, terutama fungsi hematopoietik dari saluran usus dan sumsum tulang.

Mencegah Kanker

Penelitian ilmiah menemukan bahwa makanan pahit mengandung sejumlah besar vitamin B17 yang memiliki kemampuan yang kuat untuk membunuh sel kanker.

Meskipun makanan pahit memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita, namun mengkonsumsi makanan pahit telalu berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan kita. Asupan berlebihan dari makanan pahit dapat menyebabkan mual, muntah dan ketidaknyamanan lainnya.

Sumber: http://www.adgina.com/2012/09/keajaiban-makanan-pahit-untuk-kesehatan.html

0 komentar:

Post a Comment