About Me

Sunday 1 April 2012

10 Jajanan Tradisional yang Nyaris Terlupakan


Memang sekarang ini tidaklah mudah untuk menemukan jajanan tradisional yang dulu sangat digemari banyak masyarakat dan bahkan jajanan-jajanan ini tergerus oleh jajanan impor yang sekarang merajai dan ada dimana-mana. Berikut ini 10 jenis makanan tradisional yang hampir terlupakan:

1. Kue Rangi


Kue rangi ini kue khas betawi, bentuknya mirip kue pancong atau bandros, tapi ukurannya lebih kecil. Rasanya juga jauh berbeda karena kue rangi dibuat dari bahan yang sederhana. Cuma campuran tepung kanji atau sagu tani dan kelapa parut. Setelah dipanggang, kue disajikan dengan larutan gula merah.

2. Klepon


Klepon ini termasuk jajanan tradisional yang sampai sekarang masih eksis. Terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bola-bola kecil dan berisi irisan gula merah. Bertabur kelapa parut dan kalau dimakan ada sensasi “nyess” ketika kleponnya tergigit.

3. Cenil


Cenil ini termasuk kerabatnya si Klepon, rasanya kenyal karena terbuat dari tepung kanji atau sagu tani. Warnanya cerah ceria, penyajiannya ditaburi gula pasir dan kelapa parut.

4. Getuk Lindri


Getuk lindri, penjual panganan yang terbuat dari singkong ini punya cara khas dalam menjajakannya. Gerobak getuk lindri selalu full musik, kebanyakan sih dangdut. Jadi kalau ada alunan dangdut siang-siang, bisa dipastikan ada tukang getuk lindri sedang lewat di depan rumah Anda.

5. Kue Cucur


Kue cucur ini sekarang udah jarang di temui di kebanyakan tempat, jajanan yang terbuat dari tepung beras ini rasanya manis gula merah.

6. Kembang Goyang


Hingga saat ini tidak diketahui kenapa namanya kembang goyang, menurut beberapa pakar sepertinya waktu membuatnya dulu kala sang pembuat kue ini, seorang janda kembang membuat kue ini sambil bergoyang pinggul? Namun yang jelas jajanan ini sudah mulai langka ditemui.

7. Clorot


Namanya unik, bentuknya juga unik, memang banyak yang belum tahu tentang jajanan yang satu ini dan bisa dimaklumi karena jajanan ini sudah jarang bisa ditemui apalagi coba.

8. Jewawut


Panganan ini memang namanya agak unik, tapi rasanya enak tenan, biasa dibikin bubur. Namun sebenarnya jewawut ini untuk makanan burung.

9. Gulali


Hingga sekarang tidak diketahui rimbanya para penjual jajanan gulali ini? Mungkin sudah kala tenar dengan panganan impor seperti brownies, hamburger, cakes dan lainnya.

10. Awug-awug


Jajanan yang satu ini terbuat dari sagu mutiara dan kelapa dan biasanya dibungkus daun pisang. Rasanya manis, agak kenyal. Nah, jangan khawatir dengan namanya yang unik ini, tapi rasanya…!

Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=13768883

0 komentar:

Post a Comment