About Me

Wednesday 30 April 2014

Mandi Air Hangat Atau Air Dingin, Ketahui Perbedaan Manfaatnya


Mandi adalah bagian dari rutinitas menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Saat tubuh sangat lelah karena aktivitas seharian, yang paling cocok adalah mandi air hangat dan kemudian bersantai sambil nonton film. Tetapi bila cuaca sangat panas, tak ada ruginya juga mandi air dingin hingga tubuh terasa adem rileks dan tidurpun jadi lebih tenang.

Mandi air dingin atau air panas sebenarnya sama-sama bermanfaat. Bukan hanya karena cuaca sedang dingin atau panas, tetapi masing-masing punya khasiat yang bisa merawat kesehatan tubuh.

Dilansir fitsugar.com, berikut adalah beberapa manfaat mandi air hangat dan mandi air dingin. Tinggal Anda sesuaikan saja mana manfaat yang Anda butuhkan.

Manfaat Mandi Air Hangat

  • Air hangat dapat membantu meredakan nyeri otot dan merilekskan seluruh tubuh. Saat mandi di bawah shower air hangat, Anda bisa memberikan massage lembut pada leher, bahu dan punggung sehingga Anda bisa tidur lebih lelap.
  • Penelitian membuktikan bahwa mandi air hangat dapat meningkatkan hormon oksitosin dan meredakan kelelahan.
  • Mandi air hangat juga dapat meredakan demam karena ia berfungsi sebagai decongestant alami yang berhubungan langsung dengan pernapasan.
  • Saat udara dingin, usahakan mandi air hangat sehingga tidak menyebabkan Anda masuk angin.

Manfaat Mandi Air Dingin

  • Mandi air dingin juga tak kalah bermanfaat lho. Air dingin dapat membuat tubuh lebih segar dan bersemangat, namun juga sekaligus meredakan kelelahan tubuh.
  • Mandi air dingin disarankan tidak terlalu lama agar dapat memberikan rileks dan kesegaran pada tubuh.
  • Mandi air dingin sangat baik untuk kecantikan kulit maupun rambut.

Ternyata baik air dingin dan air hangat sama-sama bermanfaat baik kan. Tinggal bagaimana Anda menentukan waktu dan menyesuaikan dengan kebutuhan saja.

Sumber: http://www.vemale.com/

0 komentar:

Post a Comment