About Me

Tuesday 24 April 2012

Kupas Tuntas Offside Gol Sami Khedira


Pertandingan liga Spanyol pekan ke-34 (22 April 2012), layak disebut sebagai pekan paling menentukan karena mempertemukan dua raksasa liga Spanyol, Barcelona dan Real Madrid yang secara tidak langsung akan menentukan siapa yang layak menjadi Jawara La Liga kali ini.

Pertandingan berakhir dengan skor 1-2 untuk kemenangan Real Madrid. Gol pertama Madrid diciptakan oleh Sami Khedira pada menit ke-17. Ada beberapa media yang menyebutkan bahwa gol itu berbau offside sehingga tidak sah.

Media tersebut mengatakan bahwa:


Sewaktu Pepe berduel dengan Adriano untuk menyundul bola, posisi Sami Khedira telah melewati posisi Adriano (pemain kedua terdekat dengan garis gawang). Berikut fotonya:


Setelah dibuat garis merah, memang kaki Khedira telah melewati kaki Adriano tetapi sangat tipis sekali perbedaannya sehingga dapat dimaklumi jika wasit tidak memperhatikannya dan tetap mensahkan gol tersebut.


Pernyataan offside ini membuat saya tertarik untuk melihat Videonya secara langsung. Awalnya saya percaya ini offside tetapi setelah saya melihat Video ini berulang kali, ternyata gol Khedira tidaklah Offside. Mengapa?

Ini pertimbangan Saya:

Walaupun kaki Khedira telah melewati kaki Adriano, tetapi Khedira belum mengambil keuntungan pada saat ini karena yang menyundul bola adalah Pepe, bukan Khedira. Sehingga Khedira belumlah terjebak Offside sampai dia benar-benar mengambil keuntungan dari situasi ini.

Sewaktu Pepe berhasil menyundul bola, bola ditepis oleh Kiper Barca Victor Valdes. Bola tepisan ini masih mengarah ke daerah berbahaya sehingga Puyol dengan cepat turun ke bawah untuk mengamankan bola liar ini sementara Khedira juga berusaha menendang bola ini. Foto sesaat sebelum Khedira menyambar bola ini untuk mencetak gol:

Gambar yang Saya Capture Dari Video Highlight

Terlihat bahwa posisi Puyol sekarang sudah di belakang Adriano sehingga Puyol-lah yang menjadi pemain kedua terdekat ke garis gawang dan posisi Khedira sekarang sudah terbebas dari offside karena belum melewati Puyol (lihat garis merah).
Sekarang, bisa dikatakan Khedira telah mengambil keuntungan tetapi dia mengambil keuntungan di saat posisinya tidak lagi Offside seperti pada foto pertama di atas. Jadi, Khedira tidak terjebak offside pada proses terjadinya gol ini.

Foto Pertama --> Khedira melewati Adriano tetapi belum memperoleh keuntungan. Jika Khedira sudah mengambil keuntungan, barulah dia Offside.
Foto kedua --> Khedira mengambil keuntungan (mencetak gol) tetapi belum melewati Puyol. Jika Khedira sudah melewati Puyol, barulah dia Offside.

Lalu, bagaimana dengan Cristiano Ronaldo yang posisinya selalu melewati pemain kedua terakhir pada foto pertama maupun kedua? Yaa.. memang benar.. Tetapi Ronaldo tidak mengambil keuntungan apapun dari situasi ini.. Dia tidak menyentuh bola maupun mengganggu pemain lawan dalam mendapatkan, menangkap, dan mengalirkan bola sehingga juga tidak terjebak Offside.

Kesimpulan: Gol Sami Khedira adalah sah karena kedua pemain ini tidak terjebak Offside..

Referensi: http://herman-salim.blogspot.com/2012/01/sejarah-offside-dalam-permainan.html

2 comments:

  1. yup, memang sah gol nya.. *supporter netral..
    klo cules pasti mencak2 bilang ga sah

    ReplyDelete