About Me

Tuesday 13 May 2014

Pria Pendek Ternyata Lebih Panjang Umur!

Pria pendek ternyata lebih panjang umur!

Tubuh yang jangkung selama ini dianggap sebagai aset fisik bagi pria. Pria seringkali dianggap kurang menarik jika mereka memiliki tubuh pendek. Namun penelitian terbaru mengungkap bahwa pria bertubuh pendek ternyata cenderung memiliki usia yang lebih panjang dibandingkan dengan pria yang bertubuh jangkung.

Hasil ini diketahui peneliti dari Kuakini Honolulu heart Program (HHP) dan Kuakini Honolulu-Asia Aging (HAAS). Mereka menemukan bahwa tinggi badan berkaitan dengan kemungkinan umur pria. Peneliti membagi pria menjadi dua kelompok, yaitu yang memiliki tinggi badan kurang dari 157 cm dan pria dengan tinggi badan lebih dari 157 cm.

"Pria yang memiliki tinggi badan kurang dari 157 cm memiliki usia yang lebih panjang. Semakin tinggi tubuh mereka, semakin rendah juga usia mereka," ungkap Dr Bradly Willcox, seorang professor dari University of Hawaii.

Peneliti menemukan bahwa pria bertubuh pendek memiliki gen bernama FOXO3 yang membuat mereka berkecenderungan untuk hidup lebih lama. Gen ini lah yang mempengaruhi proses pertumbuhan mereka sehingga memiliki tubuh yang lebih pendek. Selain itu, pria yang memiliki tubuh pendek juga berkemungkinan lebih kecil terkena kanker dan bermasalah dengan gula darah.

Menurut Dr Willcox, penelitian ini adalah yang pertama kali mengamati kaitan antara gen dengan ukuran tubuh. Meski begitu Willcox juga menjelaskan bahwa tak menutup kemungkinan bagi pria bertubuh tinggi untuk memiliki usia yang panjang jika mereka melakukan gaya hidup yang sehat.

Penelitian ini dilakukan pada 8.006 pria Amerika antara tahun 1900 dan 1919. Peneliti mengamati gaya hidup yang dilakukan oleh orang-orang tersebut dan mencatat data kesehatan mereka. Di antara 1.200 pria dalam penelitian ini hidup hingga usia 90 tahun dan 100 tahun. Bahkan 250 pria pada penelitian tersebut masih hidup hingga saat ini.

Jika Anda termasuk pria yang memiliki tubuh pendek, jangan terburu minder. Syukuri ukuran tubuh Anda, karena ternyata pria bertubuh pendek memiliki usia yang lebih panjang.

Sumber: http://www.merdeka.com/sehat/pria-pendek-ternyata-lebih-panjang-umur.html

0 komentar:

Post a Comment