About Me

Thursday, 24 April 2014

Cara Memanaskan Mesin Sepeda Motor yang Benar


Sudah menjadi kebiasaan banyak orang memang ketika akan memulai perjalanan, sepeda motor terlebih dahulu ”dipanasi”, dengan membiarkan stasioner dalam jangka waktu yang bervariasi. Apalagi sepeda motor sudah didiamkan dalam waktu yang lama (lebih dari 5 jam). Namun untuk sepeda motor injeksi, hendaknya Anda tidak membuat kegiatan memanasi sepeda motor jadi agenda wajib.

Sarwono Edi (Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor) menjelaskan, sepeda motor injeksi sudah jauh lebih ”pandai” ketimbang yang menggunakan karburator. Kebutuhan bahan bakar untuk mesin sudah diatur oleh Engine Control Module (ECM) dan tak perlu menarik handel gas ketika dipanasi.

Cara Memanaskan Mesin yang Benar

Cara yang benar dalam memanaskan mesin sepeda motor Cukup 30 detik dan maksimal 1 menit. Biarkan stasioner saja, dan oli sudah dapat bersirkulasi dengan baik pada putaran mesin stasioner. Tidak perlu digeber-geber karena akan sia-sia serta akan menghemat waktu Anda sekalian, apalagi kalau bangunnya kesiangan, pasti cara seperti ini pun ditempuh.

Manfaat

Dengan memanaskan mesin tak lebih lebih dari satu menit, menurut Sarwono ada beberapa keuntungan:
  • Mesin sudah mendapat sirkulasi oli dengan baik,
  • Auhu mesin sudah cukup hangat untuk melakukan perjalanan (running),
  • Efisien dalam penggunaan bahan bakar atau tidak banyak terbuang percuma saat dipanasi,
  • Hemat waktu.

Kerugian Jika Terlalu Lama

Jika Anda terlalu lama (memanasi), bensin akan terbuang sia-sia, dan juga ada kemungkinan komponen lain seperti knalpot akan mengalami panas berlebihan. Bahkan bisa merusak cat knalpot tersebut.

Andai tak dipanaskan pun, gejala ”brebet” ketika kurang panas, seperti yang sering dialami sepeda motor dengan karburator akan sangat jarang terjadi.

Salah satu bukti konkret, keberadaan tuas choke yang dulu dipasang untuk membantu ketika mesin sulit dihidupkan, kini sudah tak digunakan lagi. Bahkan saat ini keberadaannya sudah cukup langka untuk sepeda motor model baru. Sekarang ini, sepeda motor fuel injection tidak memerlukan choke, karena sudah mempunyai sensor yang mendeteksi suhu mesin, sehingga mudah dihidupkan.

Sumber: http://www.kaskus.co.id/

0 komentar:

Post a Comment