About Me

Monday 19 November 2012

Surat Ijin Merokok (SIM) Akan Berlaku?

Bersiap! Surat Ijin Merokok (SIM) Akan Berlaku

Peraturan baru bagi para perokok yang kini tengah dilirik para ahli kesehatan ialah Surat Ijin Merokok (SIM). Perokok harus mengurus SIM untuk bisa merokok dengan tenang. Seperti apa kebijakan ini berlaku?

Adalah Simon Chapman, seorang profesor kedokteran dari University of Sydney yang memiliki ide ini. Para ahli kesehatan lainnya pun menyambut baik dan berencana melakukan itu dalam waktu dekat. Tujuan SIM itu sendiri untuk mengurangi dampak buruk tembakau.

Bermain taruhan online di depan komputer sambil menghisap rokok adalah kebiasaan banyak kaum laki-laki. Bukan hanya pada diri sendiri, efek buruk merokok juga dirasakan mereka yang terkena asap rokok.

Di Australia, perokok diwajibkan memiliki surat ijin layaknya mengemudi. Mereka harus mendaftar dan membayar mahal untuk mendapatkan surat lisensi dalam bentuk simcard. Kartu tersebut yang wajib ditunjukkan setiap kali membeli rokok, di mana pun.

Ketika membuat kartu tersebut para perokok pun diuji pengetahuannya tentang segala hal mengenai rokok dan konsekuensinya untuk kesehatan. “Efek jangka panjang tembakau dapat menyebabkan kematian pada setengah pengguna rokok, dan satu miliar orang pada abad ini diperkirakan akan mati karena tembakau dari rokok,” kata Chapman.

Bahkan setiap orang dibatasi pembelian rokok per hari dalam kartu tersebut. Dan bagi remaja, surat ijin merokok ini tidak bisa mereka dapatkan guna menekan kebiasaan merokok pada usia remaja.

Lantas, apakah di negara kita aturan ini akan berjalan efektif?

Sumber: http://getache.com/bersiap-surat-ijin-merokok-sim-akan-berlaku

0 komentar:

Post a Comment