About Me

Friday 2 December 2011

Asal-Usul Terbentuknya Girlband SNSD


Jadi, SNSD itu dulu bentuknya gak kayak sekarang (9 orang). Sebelum debut, pihak SM banyak membuat tahapan dan perubahan dalam Grup ini. Yang terbagi sampai 4 tahapan.

Udah tau belum? Kalau belum yuk sama-sama kita baca..

Ini diaa...

Tahapan pertama : SM Girl Group Project – Showcase 1

(Searah jarum jam dari kiri atas: Lee Yeon Hee, Hong Bo Ra, Bae Seok Min, Zhang Li Yin, Jessica Jung, Kim Ye Jin, Seo Ju Hyun, Im Yoon Ah, Choi Soo Young, Kwon Yu Ri, Kim Hyo Yeon)

Saat Showcase 1, SNSD bukan berjumlah 9 orang melainkan 11 orang.

Nah ini 11 nama membernya: Lee Yeon-hee, Hwang Bo-ra, Bae Seok-bin, Zhang Liyin, Jessica Jung, Kim Hyo-yeon, Kwon Yu-ri, Choi Soo-young, Im Yoon-a, Seo Ju-hyun, Kim Ye-jin

Leader: Lee Yeon-hee (1988) | Maknae: Kim Ye-jin (1993)

Pada tahun 2005 SM Entertainment mengeluarkan SUPER JUNIOR lalu SM berencana ngeluarin grup yang berkonsep sama dengan membentuk grup cewek sebagai pendamping SJ. Dan konsepnya adalah 11 orang diambil dari murid trainee senior. 


Tapi konsep pertama tidak berlangsung lama, soalnya terjadi revisi pertama. Dari 11 member hanya 6 orang yang bertahan di dalam grup ini.

Tahapan Kedua : SM Girl Group Project – Revision 1

(Searah jarum jam dari kiri atas: Seo Hyun Jin, Park So Yeon, Jessica Jun, Kim Hyo Yeon, Kwon Yu Ri, Lee Hwan Hee, Seo Ju Hyun, Jang Ha Jin, Im Yoon Ah, Stella Kim, Choi Soo Young)

Dengan alasan tertentu, SM lalu mengganti member yang paling tua (Seo Hyunjin) dan member yang termuda (Lee Hwanhee). Mereka digantiin oleh trainee yang relatif sangat baru yaitu Kim Taeyeon dan Stephanie Hwang. Pada saat itu Taeyeon dan Stephanie “hanya” dilatih sekitar 2 tahun.

Ada tambahan anggota baru (5 orang) yaitu Seo Hyunjin, Park Soyeon, Stella Kim, Jang Hajin, Lee Hwanhee. Sebelum masuk grup ini, Seo Hyunjin adalah main vokal dan maknae dari grup M.I.L.K sayang grup ini bubar. Lalu ada juga Stella Kim turunan Korea-America, dia bukan hanya didaulat sebagai main vokal tapi juga akan dijadiin "image" grup, sama kayak Im Yoona.

Leader: Seo Hyun-jin (1985) | Maknae: Kim Ye-jin (1991)

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Yang masuk (5 orang) : Seo Hyun-jin, Park So-yeon, Stella Kim, Jang Ha-jin, Lee Hwan-hee

Yang keluar (5 orang) : Lee Yeon-hee, Hwang Bo-ra, Bae Seok-bin, Zhang Liyin, Kim Ye-jin

Yang bertahan tetap (6) : Jessica Jung, Kim Hyoyeon, Kwon Yuri, Choi Sooyoung, Im Yoona, dan Seo Juhyun.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tahapan Ketiga : SM Girl Group Project – Revision 2

(Searah jarum jam dari kiri atas: Park So Yeon, Kim Tae Yeon, Jessica Jung, Stephanie Hwang, Kim Hyo Yeon, Kwon Yu Ri, Seo Ju Hyun, Jang Ha Jin, Im Yoon Ah, Stella Kim, Choi Soo Young)


Members: Park So-yeon, Kim Tae-yeon, Jessica Jung, Stephanie Hwang, Kim Hyo-yeon, Kwon Yu-ri, Choi Soo-young, Stella Kim, Im Yoon-a, Jang Ha-jin, Seo Ju-hyun

Leader: Park So-yeon (1987) | Maknae: Seo Ju-hyun (1991)

- Pada konsep ini, telah mendekati konsep Super Junior. Para netizen Korea bahkan menamakan proyek SUPER GIRLS. Bahkan oleh SM, grup ini telah dibuat foto kelompok.

- Pada konsep ini Soyeon ditunjuk sebagai leader soalnya dia yang paling tua diantara yang lain dan Juhyun yang menjadi maknae. Vokalis utamanya adalah Soyeon, Taeyeon, Jessica, Stephanie, Stella, dan Juhyun.

- Penari utama Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, dan Yoona. Sementara yang dijadikan "image" adalah Jessica, Stella, Yoona, dan Hajin.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Yang MASUK (2 orang) : Kim Tae-yeon, Stephanie Hwang

Yang KELUAR (2 orang) : Seo Hyun-jin, Lee Hwan-hee

Yang bertahan (9 orang) : Park So-yeon, Jessica Jung, Kim Hyo-yeon, Kwon Yu-ri, Choi Soo-young, Stella Kim, Im Yoon-a, Jang Ha-jin, Seo Ju-hyun
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tahapan Keempat : SM Girl Group Project – Revision 3

(Searah jarum jam dari kiri atas: Park So Yeon, Kim Tae Yeon, Jessica Jung, Lee Soon Kyu, Stephanie Hwang, Kim Hyo Yeon, Heo Chan Mi, Lee Hwan Hee, Seo Ju Hyun, Im Yoon Ah, Choi Soo Young, Kwon Yu Ri)



Member: Park So-yeon, Kim Tae-yeon, Jessica Jung, Lee Soon-kyu, Stephanie Hwang, Kim Hyo-yeon, Kwon Yu-ri, Choi Soo-Young, Im Yoon-a, Seo Ju-hyun, Lee Hwan Hee, Heo Chan-mi

Namun, akhirnya Stella Kim dan Jang Ha-jin dipotong dari konsep. Ada rumor klo Hajin dikeluarkan karena keahlian menarinya yang kurang. Sedangkan Stella keluar karena orang tuanya menuntut Stella mendapat gelar sebelum debut (fokus di skulnya gitu ).

- Pada revisi ketiga ini masuk Lee Soonkyu, Lee Hwanhee, dan Heo Chanmi. Soonkyu direkrut berkat rekomendasi dari anak SM TOWN Ahyoomi (member M.I.L.K). Sebelumnya Soonkyu telah berlatih diperusahaan yang sama dengan penyanyi Wheesung, sayang perusahaannya bangkrut. Lee Hwanhee itu kembali direkrut ke dalam grup. Heo Chanmi bergabung maknae di grup.

- Pada konsep ini, berisi 12 member, lebih banyak dari konsep awal yang hanya dibuat untuk 11 member. Pada titik ini (sekitar tahun 2006). Banyak sekali prediksi dari publik tentang siapa yang akan dikeluarkan dari konsep. Bakhan di situs Daum dan Naver memprediksi Lee Soon-kyu (Sunny) menjadi "mysterious trainee".

- Pada foto grup yang terakhir Hwanhee dan Heo Lee sedang Chanmi dipotong dari grup. Ada yang mengatakan bahwa dalam konsep ini SM berencana membuat 10 member. Sayangnya sang leader Soyeon malah mengundurkan diri karena tidak kuat dengan "keras"nya pelatihan. Kalian juga pasti pernah dengar tentang Taeyeon yang pernah kabur karena pelatihan Sm sangat "keras"kan. (Untung aja Taeyeon balik )

Leader: Park So-yeon (1987) | Maknae: Heo Chan-mi (1992)

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Yang MASUK (3 orang) : Lee Soon-Kyu, Lee Hwan-hee, Heo Chan-mi

Yang KELUAR (2 Orang) : Stella Kim, Jang Ha-jin

Yang BERTAHAN (9 orang) : Park So-yeon, Kim Tae-yeon, Jessica Jung, Stephanie Hwang, Kim Hyo-yeon, Kwon Yu-ri, Choi Soo-young, Im Yoon-a, Seo Ju-hyun
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tahapan Terakhir : SM So Nyuh Shi Dae (SNSD)



9 Members: Kim Tae-yeon, Jessica Jung, Lee Soon-kyu (Sunny), Stephanie Hwang (Tiffany), Kim Hyo-yeon, Kwon Yu-ri, Choi Soo-young, Im Yoon-a, Seo Ju-hyun (Seohyun)

Leader: Kim Tae-yeon (1989) | Maknae: Seo Ju-hyun (1991)

Yaa….dan kita semua tau hasil terakhir dari konsep grup buatan SM entertainment ini. Grup 9 cewek ini diberi nama "'?? ??" (So Nyuh Shi Dae) yang secara harafiah diartikan "Era Gadis-gadis". Asal kalian tau, awalnya para gadis ini kaget dengan nama grup mereka yang terkesan sangat kuno. Bahkan saat nama grup ini diumumkan ke publik Korea, mereka sempat bingung dan geli dengan nama So Nyuh Shi Dae. 

Tapi untung saja SNSD ini punya nama Inggris yang berarti "Girls Generation".

Nama So Nyuh Shi Dae sendiri diambil dari lagu Lee Seung Chul yang berjudul So Nyuh Shi Dae dan yang menarik lagu ini menjadi hits pada tahun 1989 yang juga merupakan tahun kelahiran sebagian member SNSD.

Ngeliat perjalanan para member SNSD menjadi bagian dari grup SNSD bener-benar bikin salut… Karena prosesnya juga terlihat ribet dan tanpa kepastian. Dan tentu aja 6 member yang bertahan dari awal juga merupakan hal yang hebat.. 

Dan berkat kegigihan para anggota SNSD dan juga SONE tentunya, SNSD bisa menjadi seperti sekarang ini. Dan mereka sudah mendapat hasil dari kerja keras mereka…

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Yang masuk : - (Tidak ada)

Yang Keluar (3 Orang) : Park So-yeon, Lee Hwan-hee, Heo Chan-mi

Yang Bertahan (9 orang) : Kim Tae-yeon, Jessica Jung, Lee Soon-kyu, Stephanie Hwang, Kim Hyo-yeon, Kwon Yu-ri, Choi Soo-Young, Im Yoon-a, Seo Ju-hyun
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nah inilah proses pembentukan GirlBand SNSD.. Ribet banget kan? 
Tapi lebih Ribet lagi jadi Fans mereka, terlalu banyak persaingan sesama fans.. Jadi harus satu sama lain untuk mendapatkan  dari kahyangan..

Sumber:
http://snsd-life.blogspot.com/2010/01/daily-interest-010310-making-of-snsd.html
http://www.facebook.com/note.php?note_id=131129046961693


Perluasan kata kunci: Sejarah, History, Kpop, Girls Generation, Latar Belakang

Baca juga:

Fakta Terselubung Tentang SNSD

Daftar Cewek yang Gagal Jadi Personil SNSD

11 comments:

  1. wow Herman.... lengkap abis...
    Jadi di SNSD paling suka yang mana nih?

    ReplyDelete
  2. Baru sadar ternyata gambar Background kita sama.. :)

    ReplyDelete
  3. oh iya loh gambar background kita sama HAHAHHAHAHHA....

    saya gak ngefans sih jadi biasa2 aja... suka semua kecuali Jessica hahahha..
    Paling suka Yuri, Sunny, Tiffany, Tae Yeon. hahhaa.

    ReplyDelete
  4. Kenapa dengan Jessica?
    Nge-fans ma Band mana nih? Ijin kunjung ke Blog u yahh buat utak-atik yang tentang korea. Sebentar lagi u bakal menjadi gadis Korea seutuhnya.. :)

    ReplyDelete
  5. wakakaka.. enggak ah, apaan jadi gadis Korea seutuhnya. Gak ah. Ngomong aja belepotan hahaha..

    Gak suka Jessica soalnya:

    1. waktu di acara Running Man gak tau episode berapa (lupa), dia orangnya jaim kayaknya.. Waktu di kolam renang orang lain sibuk jalani missionnya, dia gak berani celup wajah ke kolam renang (mungkin takut make up luntur?).

    2. di acara Girls Go To School episode berapa juga lupa, waktu Hyeyeon menghilang 30 menit saat latihan dan waktu Hyeyeonnya balik, Jessicanya omong yang gak gitu enak ke Hyeyeon. Padahal yang lain aja gak ngomong apa2 gak masalah.

    3. Paling gak cakep / gak menarik menurutku. hahahhaa!

    4. Suara dia menurutku sedikit tidak enak didengar dibanding yang lainnya. (agak suara hidung) hahhaha...

    beda2 selera aja sih hehe.. udah ah takut diprotes fansnya nanti :P

    ReplyDelete
  6. Wow.. Saking "suka"-nya, diperinci pake poin.. Ha2.. Iya, suaranya memang agak aneh.. Tp suaranya merupakan suara tertinggi lohh.. He2..

    Untung w bukan fansnya, soalnya pasti melek baca poin2 di atas.. :)

    ReplyDelete
  7. hahahhahha....

    kalau gitu yang "lebih suka" juga diperinci ah..

    Yuri:
    1. suka waktu lihat di Running Man, orangnya ceria
    2. selalu ceria
    3. ceria

    Sunny:
    1. cute banget wajahnya
    2. lucu mimik2nya
    3. cute cute cute

    Tiffany:
    1. cakepp
    2. senyumnya ane chio bin ane sui
    3. maniss

    Tae Yeon:
    1. putihhhh jadi cakeppp
    2. matanya lucu
    3. seperti kelinci cute.

    Aduhhh capek juga malas deh tulis lagi hahahhahhaa

    ReplyDelete
  8. Yang u perinci e semuanya benarr.. Salut.. Ampe perhatiin segitu detilnya yahh.. Iyaa.. Taeyeon cocok bgt diibaratkan kelinci.
    Waduh.. Yoona gak ikut diperinci.. Sad.. Haha..

    ReplyDelete
  9. huahahha...
    Yoona... aduh apa ya....
    mukanya innocent.....

    gitu aja deh hahahhahah

    ReplyDelete
  10. Deskripsi yang singkat bgt yahh.. Haha..
    U ada koleksi Running man yah?

    ReplyDelete