About Me

Friday 7 September 2012

Yuk, Donor Darah Agar Tubuh Lebih Bugar!


Ingin tubuh lebih sehat? Yuk, mulailah rajin mendonorkan darah. Jangan takut tubuh akan lemas setelah donor darah. Malah sebaliknya dengan donor darah tubuh akan segar dan segudang manfaat akan kamu rasakan. Intip yuk, beberapa alasan positif agar sebaiknya kita rutin donor darah!


Menurunkan Berat Badan

Sudah mencoba berbagai cara diet tapi tubuh belum juga ramping? Yuk, coba cara alami yang menyehatkan dan bisa membantu sesama yang membutuhkan dengan mendonorkan darahmu. Karena menurut penelitian, donor darah merupakan salah satu metode diet yang ampuh membakar kalori. Setiap kamu mendonorkan darah sebanyak 540ml, maka tubuh telah membakar 650 kalori. Jumlah kalori tersebut cukup membuat pinggangmu meramping.

Mendongkrak Produksi Sel Darah Merah

Setiap kali kamu mendonorkan darah maka tubuh mendapat pasokan darah baru. Donor darah memang bermanfaat menstimulasi pembuatan darah baru dalam tubuh. Donor darah juga akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam tubuh. Karena tubuhmu tidak membutuhkan sel darah merah berlebihan. Tidak perlu panik, donor darah nggak akan membuat tubuhmu lemas dan mengurangi sel darah merah karena sumsum tulang belakang otomatis akan mengisi ulang sel darah merah yang hilang akibat donor darah.

Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung termasuk penyakit mematikan. Kamu tentu nggak ingin kesehatan jantungmu terganggu bukan? Donor darah merupakan salah satu cara menjaga kesehatan jantung karena tinggi kadar zat besi dalam darah akan membuat kamu lebih rentan terhadap penyakit jantung. Tidak hanya itu, zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produksi oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini artinya kamu memberikan peluang besar untuk terkena jantung dan stroke. Dengan rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah akan lebih stabil yang artinya kamu telah melakukan pencegahan terhadap penyakit jantung.


Mendeteksi Dini Penyakit

Manfaat lain kalau kamu rajin mendonorkan darah adalah kamu mendapatkan pemeriksaan penyakit yang serius, sepert penyakit HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis dan malaria. Karena pemeriksaan penyakit tersebut sangat perlu dilakukan untuk mengantisipasi penularan penyakit melalui tranfusi darah. Dan untuk kamu sendiri, pemeriksaan ini menjadi deteksi dini terhadap penyakit sehingga kita lebih menjaga kondisi kesehatan kita sendiri dengan lebih baik dan benar. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

Memperpanjang Usia

Kegiatan donor darah akan memberikan dampak psikologis yang baik yaitu perasaan bahagia dan senang karena kamu sudah dapat membantu orang. Menurut penelitian, usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah tetap merasa bugar dan sehat. Jadi mulailah untuk rajin mendonorkan darah untuk memperpanjang usia dengan tubuh yang sehat dan dapat memberikan kebahagiaan.

Sumber: family.fimela.com

2 comments:

  1. Siapa ya yang mau darah ane ^^ hihihi XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... Asalkan masih manusia, pasti ada yang mau.. Joke..

      Delete