About Me

Thursday 6 September 2012

Sikat Gigi Selamatkan Stasiun Ruang Angkasa


Rabu kemarin, Josh Byerly dari NASA melaporkan bahwa dua orang penjelajah luar angkasa berhasil mengganti unit daya utama di ISS (International Space Station). Semula, penggantian ini sempat menghadapi jalan buntu karena ada baut yang macet. Keberhasilan itu terjadi dengan bantuan sebatang sikat gigi!

Astronot Sunita Williams dan Akihiko Hoshide memulai penggantian dengan melepaskan kotak daya yang disebut MSBU (Main Bus Switching Unit). Unit daya ini diperiksa dengan teliti, termasuk dua baut yang menguncinya ke tiang penambat. Setelah semua OK, dan baut dibersihkan dari serpihan logam dan kotoran lainnya, tiba saatnya untuk memasang kembali MSBU ke tempatnya. Saat itulah masalah muncul.

Salah satu baut tidak bisa dikencangkan, padahal sudah diberi pelumas secukupnya. Harusnya, baut tersebut mengunci dalam 15 putaran. Tapi, baru 9 putaran ia sudah macet dan tak mau bergerak lagi. Selama 4½ jam keduanya berusaha tanpa ada hasil. Untunglah akhirnya baut tersebut bisa dikencangkan ke tempat semula. Pembersihan lebih lanjut ini dilakukan dengan menyemprotkan nitrogen bertekanan tinggi dibantu dengan tool tambahan yang dibuat dari sikat gigi bekas.

Tidak ada keterangan lebih lanjut tentang aksi heroik sikat gigi ini. Yang jelas, seluruh kru penerbangan menarik nafas lega dan bertepuk tangan meriah ketika Williams dan Hoshide berhasil menyelesaikan pekerjaannya.

Sumber: http://rumpitekno.com/2012/sikat-gigi-perbaiki-stasiun-ruang-angkasa

0 komentar:

Post a Comment