About Me

Friday 20 April 2012

Pesepakbola yang Meninggal Akibat Serangan Jantung


Penyakit jantung dan pesepakbola belakangan ini memiliki kaitan erat. Beberapa pesepakbola harus meregang nyawa karena terserang penyakit jantung.

Siapa bilang atlet sepak bola tidak bisa terserang penyakit berat? Mungkin sebagian orang berpikiran seperti itu, namun kenyataannya, pesepakbola yang notabene hidup sehat dan rutin berolahraga pun bisa terkena serangan jantung.

Kasus terbaru menimpa pemain Livorno, Piermario Morosini. Ia terjatuh di lapangan saat bermain melawan Pescara, Sabtu (14/4/2012). Beberapa pekan lalu, pemain Bolton Wanderers, Fabrice Muamba juga mengalami serangan jantung, namun ia bisa tertolong.

Berikut adalah beberapa pesepakbola yang meninggal karena serangan jantung:

1. Eri Irianto (24) - Persebaya - 2 April 2000


Gelandang Persebaya ini divonis mengalami gagal jantung. Ia mengalami serangan jantung ketika berhadapan dengan PSIM Yogyakarta. Eri menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit.

2. Marc-Vivien Foe (28) - Man City - 26 June 2003


Pemain asal Kamerun ini kolaps di lapangan ketika bertanding di semifinal Piala Konfederasi lawan Kolombia. Ia meninggal tak lama setelah dibawa ke rumah sakit. Hasil otopsi menyebut Foe mengalami hypertrophic cardiomyopathy (penyakit jantung yang ditandai dengan adanya penebalan pada dinding ventrikel).

3. Miklos Feher (27) - Benfica - 25 Januari 2004


Feher meninggal ketika Benfica sedang berhadapan dengan Vitoria. Penyebab kematian pemain asal Hungaria ini sama dengan Marc-Vivian Foe, yakni hypertrophic cardiomyopathy (penyakit jantung yang ditandai dengan adanya penebalan pada dinding ventrikel).

4. Antonio Puerta (22) - Sevilla - 28 Agustus 2007


Puerta adalah pemain muda berbakat yang dimiliki Sevilla dan Spanyol. Ia tumbang di lapangan hijau saat membela timnya lawan Getafe. Puerta sempat dibawa ke rumah sakit dan menjalani perawatan, namun nyawanya tak tertolong.

5. Daniel Jarque (26) - Espanyol - 8 Agustus 2009


Jarque mengalami serangan jantung ketika sedang menjalani sesi latihan bersama rekan-rekan satu timnya. Ia pun meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

6. Piermario Morosini (25) - Livorno - 14 April 2012


Gelandang Livorno ini tengah bermain lawan Pescara di kompetisi Seri B. Menit ke-31, tanpa adanya kontak dengan pemain lain, ia terjatuh. Sempat dibawa ke rumah sakit, namun nyawanya tak tertolong.

Selain keenam pemain tersebut, ada juga pesepakbola yang terkena serangan jantung tapi nyawanya masih bisa diselamatkan, yakni gelandang Bolton Wanderers, Fabrice Muamba. Ia jatuh di lapangan saat berhadapan dengan Tottenham Hotpsur di Perempatfinal Piala FA (17/3/2012). Setelah dibawa ke rumah sakit, kondisi Muamba semakin membaik dan sudah bisa berbicara.

Satu pesepakbola lainnya yang terkena serangan jantung adalah penyerang AC Milan, Antonio Cassano. Awalnya ia mengalami pusing usai menjalani pertandingan kontra AS Roma November silam. Setelah menjalani pemeriksaan di rumah sakit, ia divonis mengalami gangguan pada otak dan jantung. Setelah menjalani operasi jantung, Cassano sudah pulih bahkan sudah bisa bermain selama beberapa menit saat Milan dikalahkan Fiorentina 1-2 pekan lalu.

Sumber: http://bola.inilah.com/read/detail/1851151/pesepakbola-yang-meninggal-akibat-serangan-jantung

0 komentar:

Post a Comment