About Me

Friday 30 March 2012

Beginilah Cara Mengajak Tomcat Pindah ke Sawah


Tim dari Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian UGM melaksanakan uji coba pembasmian terhadap serangga Tomcat dengan cara merelokasi hama ini dari kawasan perumahan yang terletak dipinggir persawahan di kawasan Celeban, Kota Yogyakarta pada hari Selasa lalu tanggal 27 Maret 2012. Suputa ,yang merupakan koordinator tim itu mengatakan bahwa proses relokasi ini diawali dengan penangkapan Tomcat memakai lampu ultra violet (UV).

"Kita mau menguji efektifitas lampu-lampu itu untuk menarik perhatian Tomcat,” ujar peneliti hama tanaman dari Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan UGM tersebut.

Kata Suputa, dalam proses uji coba relokasi Tomcat yang dilakukan bersama tim Dinas Pertanian DI Yogyakarta itu, Tomcat akan ditangkap setelah mengerubuti lampu UV. Untuk menangkap sebanyak mungkin hama ini, kata dia, lampu-lampu UV dinyalakan di sekeliling areal perumahan dekat sawah di kawasan Celeban. Hama Tomcat ditangkap dengan memasukkannya ke dalam plastik.

Suputa menambahkan, tomcat-tomcat yang sudah tertangkap akan dibuang oleh tim itu ke kawasan persawahan yang jauh dari perumahan. Menurut Suputa jika metode ini efektif, cara pembasmian tomcat lewat relokasi bisa diaplikasikan di kawasan lain. "Metode ini jelas ramah lingkungan karena tanpa insektisida, jadi tomcat masih bisa membantu petani memangsa wereng,” kata Suputa.

Tim relokasi Tomcat ini terdiri dari sejumlah mahasiswa S1 dan Pascasarjana serta sejumlah peneliti hama tanaman di Fakultas Pertanian UGM. Tim ini juga didampingi oleh sejumah staf Dinas Pertanian DI Yogyakarta, Ketua Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan UGM Susanto, serta ahli entimologi dan Insektisida Serangga UGM, Edi Martono.


Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2012/03/28/058392968/Begini-Cara-Mengajak-Tomcat-Pindah-ke-Sawah

0 komentar:

Post a Comment