About Me

Sunday 11 March 2012

5 Cara Menjadikan Ponsel Bermanfaat Untuk Kesehatan


Dalam dunia medis, ponsel sering disebut memberikan efek buruk bagi kesehatan para penggunanya. Mulai dari menggangu pola tidur, sindrom carpal tunnel hingga menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker otak.

Untuk itu dibutuhkan strategi yang pas agar "hubungan" anda dengan ponsel kesayangan bisa menjadi lebih aman. Bahkan dengan penggunaan yang tepat, gadget yang sangat populer ini ternyata bisa dijadikan media yang dapat membantu kita meraih kehidupan yang lebih sehat.

Seperti yang dirilis huffington post baru-baru ini, beberapa studi berhasil mengungkap keuntungan yang didadapat dengan mengguakan Ponsel kesayangan anda.

1. Merawat Penyakit Diabetes

Studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care menemukan bahwa aplikasi mobile coaching dikombinasikan dengan program perawatan tradisional dapat membantu menyembuhkan penyakit diabetes tipe 2.

2. Mengurangi Kecanduan Rokok

Dalam studi yang dilansir dalam jurnal The Lancet menemukan fakta bahwa Ponsel bisa digunakan untuk membantu mengurangi kebiasaan merokok.

Temuan diambil dari studi terhadap 6000 perokok pasif. Hasilnya, memberikan SMS yang berisi dorongan untuk berhenti merokok dapat mengurangi kebiasaan buruk tersebut dua kali lebih efektif dibandingkan dengan mereka yang tidak mendapatkan SMS tersebut.

3. Mendeteksi Penyakit Stroke Lebih Dini

Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Medical Internet Research menyebutkan bahwa dokter bisa menggunakan aplikasi iPhone (Client-Server Teleradiology System) untuk mendeteksi kemungkinan seserang menderita penyakit stroke di masa mendatang.

4. Pengingat Harian

Saat anda janji bertemu dengan dokter anda, anda bisa saja menandai kalender sebagai pengingat. Tapi bagaimana dengan perawatan sehar-hari? mulai dari minum obat atau pantangan yang harus anda hindari?

Banyak studi yang menjelaskan bahwa pada umumnya orang seringkali lupa mengkonsumsi obat yang harus diminum sesuai dengan waktu dan ketentuan yang diberikan oleh dokter.

Maka beberapa aplikasi di Ponsel seperti alarm atau note bisa anda gunakan untuk mengingatkan anda saat harus meminum obat. Sebagai contohnya adalah aplikasi CareSpeak.

5. Membantu Proses Kelahiran

Hampir 90 persen populasi di dunia ini telah menggunakan Ponsel. Dan sebuah laporan yang dirilis oleh beberapa organisasi kesehatan dalam pertemuan tahunan mHealth Summit 2010 lalu, mengatakan bahwa Ponsel sangat bermanfaat bagi ibu hamil dalam proses kelahiran anak mereka.

"Di tingkat paling dasar, Ponsel dapat digunakan untuk melacak orang, menelpon bantuan darurat, mengingatkan dan saling berbagi informasi," ujar Julian Scweitzer PhD, mantan kepala organisasi Kemitraan bagi Perawatan Ibu, Bayi dan Anak.


Sumber: http://memobee.com/index.php?do=c.news&idn=4073

0 komentar:

Post a Comment