About Me

Friday 13 January 2012

Cara Paling Sederhana Menstabilkan Koneksi Internet (Untuk Umum)


Saya menemukan cara ini secara tidak sengaja. Awalnya saya mencari-cari di Google untuk tujuan lain. Itulah keuntungan mencari-cari, akhirnya saya ketemu dengan tips yang sederhana namun berguna ini.

Jika teman-teman yang mempunyai koneksi internet yang ‘mandeg’ atau idle (koneksi masih nyambung tapi saat mau melakukan browsing, tidak ada respon dari web yang dituju), apalagi kalo kita tidak melakukan aktivitas apapun dalam beberapa waktu tertentu.
Mungkin ada gejala yang lebih menjengkelkan seperti harus di-Refresh berkali-kali halamannya barulah muncul respon dari web yang dituju dan gejalanya selalu muncul kembali ketika kita berhenti sejenak dengan tujuan membaca isi dari halaman yang kita tuju.

Solusi yang umum adalah dengan Reset Modem anda harus melakukan Reset Modem (Disconnect lalu Connect kembali). Ataupun anda dipaksa untuk selalu menyibukkan koneksi internet kita agar tetap terhubung karena sekali berhenti dalam selang waktu tertentu, gejalan ini akan terulang kembali.

Berikut ada tips agar koneksi internet kita selalu mengirim dan menerima data tanpa henti tetapi tidak memperlambatnya:


1. Klik Start Menu, Klik Run (Untuk Windows 7, tekan  + R)

2. Ketikkan:
ping (Nama Website Yang Mempunyai Server Stabil) -t -l 5

Misalnya, saya ingin melakukan ping ke google.com (bisa juga yahoo.com, facebook.com, youtube.com, dan lain-lain), maka yang saya ketikkan pada jendela Run adalah:


Nantinya akan keluar jendela seperti ini:


Ini akan membuat koneksi internet kita terhubung karena selalu mengirim dan menerima data secara terus menerus. Dan jangan takut koneksi yang terus menerus ini akan memperlambat koneksi secara keseluruhan karena transfer Download data lewat perintah ping ini hanya berukuran 47 Byte setiap kali Reply. Sebagai perbandingan, untuk membuka halaman beranda Facebook saja sudah membutuhkan transfer Download data berjumlah sekitar 200-400 KByte (4.537-8714 kali Reply Ping sama dengan membuka satu halaman Facebook).

Ketika anda merasa koneksi telah stabil, anda bisa menutup jendela ini dan melakukannnya lagi apabila gejalanya kembali kumat. Anda juga bisa melakukan ping terhadap Nama Website yang sedang anda akses melalui Browser.

Jika setelah anda melakukan ping, tidak keluar tulisan seperti gambar di atas, melainkan seperti ini:


Itu berarti koneksi internet anda sedang bermasalah sehingga ping tidak bisa dilakukan sehingga satu-satunya cara adalah Reset Modem dan menunggunya sampai benar-benar kembali normal.

Perlu diingat bahwa cara ini bukan untuk mempercepat koneksi internet, melainkan untuk menjaga kestabilannya saja.. Jangan lupa untuk mematikan jendela ping ini jika anda meninggalkan komputer dalam keadaan menyala untuk urusan tertentu karena akan memboroskan Bandwith anda jika ditinggal terlalu lama(bagi yang langganan paket per kuota).


Untuk anda yang ingin tahu lebih jauh apa arti dari perintah Ping di atas, simak kutipan berikut:

Apa sebenarnya ping itu?

Ping adalah software yang berjalan di atas protokol ICMP untuk mencek hubungan antara dua komputer di internet. Ping dapat juga berarti program dasar yang mengijinkan satu pengguna untuk mem-verifikasi bahwa alamat protokol internet tertentu ada dan dapat menerima permintaan-permintaan. Ping digunakan untuk memastikan bahwa satu komputer yang sedang dituju sedang aktif dan memberikan respon balik. Misalnya, bila kita ingin mengirimkan suatu file ke suatu alamat host, maka untuk melihat berapa lama waktu operasi yang dibutuhkan, kita menggunakan ping. (Nama “ping” datang dari sonar sebuah kapal selam yang sedang aktif, yang sering mengeluarkan bunyi ping ketika menemukan sebuah objek).Dalam pengertian lain, ping berupaya untuk “mendapatkan perhatian” atau “mengecek ada atau tidaknya suatu host”. Ping beroperasi dengan mengirimkan sebuah paket kepada suatu alamat yang dituju dan menunggu respon balik dari host yang dituju tersebut.

PING juga merupakan salah satu program yang digunakan untuk mengecek komunikasi antar komputer dalam sebuah jaringan melalui protokol TCP/IP. PING akan mengirimkan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request messages pada ip address komputer yang dituju dan meminta respons dari komputer tersebut.

Fungsi Ping

Kegunaan ping antara lain adalah sbb:

1. Mengetahui status up/down komputer dalam jaringan.
Kita dapat mengecek apakah sebuah komputer up/down menggunakan perintah PING, jika komputer tersebut memberikan response terhadap perintah PING yang kita berikan maka dikatakan bahwa komputer tersebut up atau hidup.

2. Memonitor availability status komputer dalam jaringan.
PING dapat digunakan sebagai tool monitoring availibilitas komputer dalam jaringan yang merupakan salah satu indikator kualitas jaringan yaitu dengan melakukan PING secara periodik pada komputer yang dituju. Semakin kecil downtime, semakin bagus kualitas jaringan tersebut.

3. Mengetahui responsifitas komunikasi sebuah jaringan.
Besarnya nilai delay atau latency yang dilaporkan oleh PING menjadi indikasi seberapa responsif komunikasi terjadi dengan komputer yang dituju. Semakin besar nilai delay menunjukkan semakin lamban respons yang diberikan. Sehingga nilai delay ini juga bisa digunakan sebagai indikator kualitas jaringan.

Sisi Lain Ping

Dalam TCP/IP PING masuk dalam klasifikasi protokol ICMP, protokol ICMP sendiri memiliki 2 jenis aplikasi yaitu PING, dan TRACEROUTE.

Dalam keadaan tertentu seorang administrator jaringan menolak paket PING, dengan tujuan tidak lain ingin mengamankan sebuah host dari serangan hacker, atau cracker. maka ketika dilakukan perintah ping tidak akan menunjukkan reply sehingga seakan-akan host dalam keadaan mati atau tidak terhubung ke internet atau tidak ada host dari IP address tersebut. sebuah paket PING yang sangat banyak menuju host akan menyebabkan pingflood atau Denial Of Service yang dapat menggangu kinerja sebuah host, atau dapat mengedownkan sebuah host. Hal inilah yang paling ditakuti oleh administrator jaringan komputer.

Ping yang banyak digunakan sebagai standar PING yaitu pada PING pada layer 3 yaitu layer network, ketika melakukan ping www.google.com artinya ping bekerja pada layer 3 network. pada MikroTik router OS terdapat ping pada layer 2 yaitu PING MAC address.

3 comments:

  1. posting yg bagus sekali, mas... bs numpang belajar disini ...mksh sdh share...

    ReplyDelete
  2. Kalau ga Mau repot Download ping saja Mas, tinggal jalankan otomatis ping google, youtube, facebook,kaskus,

    ReplyDelete