Demi tuntutan hidup yang semakin hari semakin banyak dan dengan harga kebutuhan pokok yang semakin mahal, mau tidak mau kamu harus bekerja lebih keras. Tak jarang juga seseorang sering berpindah tempat kerja karena merasa tidak cocok, entah itu dengan tempat kerja, rekan kerja, hingga masalah gaji.
Ketika baru pindah tempat kerja, kamu pasti merasa agak canggung dari biasanya. Lokasi baru, Atasan baru, Rekan baru, semuanya serba baru. Berikut ada tips agar betah di tempat kerja baru.
Datang Paling Awal
Guna memberi semangat pada diri sendiri, tidak ada salahnya bila kamu datang lebih awal dari yang lain. Walaupun kadang datang sebelum tempat kerja dibuka, tidak menjadi masalah bukan? Intinya adalah tumbuhkan semangat pada diri kamu sendiri bahwa kamu cocok bekerja di tempat kerja baru.
Selain itu, kamu juga akan lebih diingat oleh rekan kerja atas ketepatan waktu ini.
Memberi Waktu untuk Adaptasi
Baru bekerja beberapa hari sudah merasa pekerjaan tidak cocok? Jangan keluar dulu! Berilah waktu pada dirimu untuk beradaptasi pada lingkungan yang baru. Umumnya, orang-orang butuh waktu 90 hari untuk bisa beradaptasi dan dapat bekerja dengan efektif pada pekerjaan baru mereka.
Aktif Bersosialisasi
Mengenal rekan kerja dan mengetahui jabatan, tugas, serta tanggung jawab masing-masing individu adalah hal yang paling penting saat kamu kerja di tempat baru. Karena rekan kerja inilah yang senantiasa berjuang bersamamu di tempat kerja tersebut.
Jika kamu diletakkan pada pekerjaan yang mana kamu bertanggung jawab mengorganisir sebuah tim, pelajari tim tersebut. Karena tim ini adalah jalanmu menuju kesuksesan ke depannya.
Jangan Ragu untuk Belajar Kembali
Kurangnya pengetahuan daripada rekan kerja yang lain terkadang membuat kamu minder/kurang percaya diri. Nah, daripada kamu memendam hal itu, jangan malu untuk bertanya kepada rekan kerja agar dapat menyelesaikan permasalahan yang kamu hadapi. Tentunya kamu tidak dituntut agar langsung bisa mengerjakan semuanya. Yang diperlukan dalam hal ini adalah kemauan kamu untuk berkembang dan menjadi lebih baik.
Ulet Dalam Bekerja
Kamu harus giat dalam bekerja tetapi bukan dalam artian berlebihan. Kerjakan tugasmu tepat waktu serta aktif dalam memberikan ide/gagasan brilianmu ke rekan kerja hingga atasan. Tentunya kamu tidak akan dipecat karena ini, tapi jangan sampai ngotot ketika memberikan ide, apalagi ketika disampaikan ke bos.
Cintai Pekerjaanmu
Tanamkan pada dirimu bahwa kamu cinta pekerjaan di tempat barumu ini. Sesungguhnya yang memilih pekerjaan ini adalah kamu sendiri. Tidak perlu kamu menuntut gaji yang terlalu besar/diatas UMR. Bila kamu mencintai pekerjaanmu, bakal enjoy kok.
Gunakan Waktu Luang Sebaik Mungkin
Pasti kamu jenuh dong kalo kerja terus? Apalagi pekerjaannya dilakukan di tempat itu saja, duduk sambil menulis di meja kerja/menatap layar monitor pasti monoton dan membuatmu gerah. Dengan adanya jam istirahat, manfaatkan waktu itu sebaik mungkin, gunakan waktu itu untuk berkumpul dengan rekan kerja sembari bercanda ria.
Bekerja Secara Efektif
Bekerja pintar, bukan bekerja keras. Ini bisa juga disebut dengan kerja efektif. Jangan menunda-nunda pekerjaan hingga menumpuk, tentunya sangat tidak efektif bukan? Apalagi kalo kamu merupakan pekerja baru disana, bakal 'habis' jika ketahuan menumpuk pekeraan.
Toleransi dan Hormat
Nah, sifat inilah yang menjadi salah satu faktor utama suksesnya kamu di tempat kerja baru. Sopanlah kepada setiap rekan kerjamu terlebih dengan bos. Pastikan perkataan yang kamu keluarkan nantinya tidak menyinggung hati mereka. Janganlah menjadi anak baru yang sombong dan tidak beretika, karena kamu masih lebih cupu dibandingkan rekan kerja yang sudah lebih dulu disana.
Sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/57a386ae620881ab7f8b4567/tips-jitu-agar-betah-di-tempat-kerja-baru/
0 komentar:
Post a Comment