About Me

Monday 21 April 2014

Mengapa Badan Kita Menggigil Saat Kedinginan?

Mengapa badan kita menggigil saat kedinginan?

Pada saat kedinginan akibat kehujanan atau kena udara malam tubuh kita menggigil dan merasa membutuhkan lingkungan yang lebih hangat. Tindakan menggigil itu kita lakukan tanpa kita sadari dan akan berhenti dengan sendirinya saat sudah berada pada lingkungan yang lebih hangat. Sebenarnya mengapa kita bisa menggigil saat kedinginan?

Badan yang menggigil saat kedinginan merupakan gerakan refleks dari tubuh. Badan yang menggigil tersebut merupakan sebuah respon yang dilakukan tubuh untuk menjaga kita tetap hidup. Otak akan melakukan pendeteksian sampai mana tubuh merasakan dingin, karena jika temperatur internal dalam organ turun hingga kurang dari 37 derajat Celcius, kita dapat meninggal dalam keadaan hipotermia. Selama proses deteksi tersebut, otak mulai menstimulasi otot-otot untuk menggigil sedikit demi sedikit.

Pada suhu yang rendah, menggigil akan sangat bermanfaat untuk menjaga temperatur dalam tubuh sehingga organ-organ tubuh tetap dapat beraktivitas. Tentunya, menggigil ini akan sangat banyak mengonsumsi energi dan faktanya kita hanya akan menggigil pada suhu dingin yang tidak ekstrim.

Sumber: http://sains.me/

0 komentar:

Post a Comment