About Me

Monday 21 April 2014

Rahasia Merpati yang Selalu Pulang ke Rumahnya

Bagaimana burung merpati bisa selalu mengingat jalan pulang?

Burung merpati ternyata memiliki sistem kompas internal

Siapa yang tak kenal si imut burung merpati? Barangkali kamu pernah melihat burung merpati yang diterbangkan oleh seseorang lalu kamu akan akan terkagum-kagum karena biasanya burung merpati itu akan kembali lagi ke tempatnya semula. Wow, hebat sekali ya! Sungguh tajam ingatan si burung. Ya, merpati merupakan salah satu jenis burung dengan kemampuan mengingat yang cukup baik. Ia dapat mengingat dimana rumahnya, bahkan ketika ia berada di tempat yang sangat jauh sekalipun.

Ternyata, bukan hanya ingatannya saja yang membuatnya mudah mengenali tempat asalnya, merpati juga memiliki kemampuan visual yang hebat. Mereka mampu melihat dan mengenali dengan baik setiap bentang alam yang mereka lewati. Dari situ, mereka dapat memprediksikan lokasi relatif mereka terhadap rumah atau tempat asalnya. Keahlian ini juga dilengkapi dengan kemampuan mereka mengasosiasikan suatu lokasi dengan aroma dan kondisi angin di tempat itu. Kemampuan itu sangat berguna bagi mereka untuk mengingat suatu tempat yang baru pertama kali dilalui.

Selain itu, merpati juga memiliki sistem kompas internal! Hebat! Bagaimana bisa? Merpati memiliki kemampuan untuk mengetahui arah berdasarkan posisi matahari. Tapi, bagaimana jika matahari tidak terlihat, misalnya saat cuaca sedang mendung? Hmm, diduga bahwa mereka juga memiliki sistem kompas lainnya yang bisa mendeteksi posisi berdasarkan medan magnet bumi. Terdapat beberapa titik dalam tubuh merpati yang disinyalir mengandung komponen magnetis sehingga mereka mampu mendeteksi dan menghitung posisi berdasarkan medan magnet bumi. Wah, mirip dengan kompas yang biasa kita gunakan, ya.

Jadi, tidak heran kalau merpati bisa selalu pulang ke rumahnya meskipun sedang pergi jauh. Ngomong-ngomong apakah kamu juga selalu mengingat rumahmu saat bepergian jauh atau merantau?

Sumber: http://sains.me/

0 komentar:

Post a Comment