Find us on:   

Wednesday, 30 November 2011

Methanol (Spiritus) Dapat Menambah Nilai Oktan Bensin


Methanol adalah salah satu senyawa hidrokarbon dari golongan alkohol (CnH2n+2O) dengan gugus alkil hidroksil (-OH). Alkohol memiliki keisomeran fungsi dengan eter. Rumus umum methanol adalah CH4O atau sering ditulis CH3-OH.


Metanol atau atau Spiritus selama ini masih terbatas pemanfaatnya padahal spiritus atau metanol memiliki kemampuan bakar (nilai oktan) yang lebih tinggi dibanding bahan bakar bensin tetapi karena sifat metanol yang menyerap air dan menyerap panas sehingga metanol tidak bisa diaplikasikan secara lansung pada motor bakarien.

Reaksi kimia metanol yang terbakar di udara dan membentuk karbon dioksida dan air adalah sebagai berikut:

2 CH3OH + 3 O2 → 2 CO2 + 4 H2O

Metanol memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah dapat menambah nilai oktan bensin. Untuk motor 2 Tak, konsumsi bahan bakar diklaim menjadi lebih hemat sedangkan untuk motor 4 Tak, tenaga mesin diklaim menjadi bertambah. Hasilnya mirip2 seperti bensin di Petronas.

Cara pemakaian: Tambahkan 10 cc/10 ml methanol (dengan bantuan jarum suntik yang kecil) ke dalam tangki bensin anda yang telah terisi full. Cairan Methanol ini dapat dibeli dari toko-toko kimia. Takaran yang diberikan jangan lebih dari ini. Setelah dicampur goyang2in motor sedikit, tunggu berapa menit biar nyampur.

Efek samping: Sejauh ini belum ditemukan adanya efek samping jika digunakan pada konsentrasi rendah. Tetapi pada konsentrasi tinggi dapat menyebabkan korosi.

Referensi: Pengalaman dan rekomendasi dari teman-teman. Anda boleh mencobanya tetapi saya tidak menjamin ini murni 100% tanpa efek samping. Hanya saja, sejauh ini belum ada complain tentang ini.

Jika di antara teman-teman sudah ada yang mencoba trik ini, mohon komentarnya agar bisa dijadikan rujukan bagi yang lain. :-)

4 comments:

  1. menurut pengalaman pribadi saya: motor saya skywave 125, isi bensin 17 rb + methanol 2 botol (ex)yakult (160cc)memberi hasil yg lebih baik drpd cuman 20cc methanol...Shallom!

    ReplyDelete
  2. SELAMAT MALAM BRO!
    MAU TANYAK NI. GIMANA CARANYA AGAR SPRITUS+BENSIN DAPAT BERCAMPUR SEDANGKAN SPRITUS SENDIRI MEMILIKI KANDUNGAN AIR YANG TINGGI. THANK YOU BEFORE!

    ReplyDelete
  3. kalo sama bensin sih gak akan nyampur sob. coba pake pertamax ato pertamax plus pasti nyampur deh

    ReplyDelete