About Me

Tuesday 22 April 2014

John Mast, Penemu Perangkap Tikus

Perangkap tikus generasi awal, buatan John Mast

Sebenarnya alat perangkap hewan, termasuk tikus, telah ditemukan sejak jaman dulu ketika orang masih tinggal di gua-gua. Pada masa itu, orang menangkap hewan untuk berbagai tujuan, di antaranya untuk dimakan dagingnya, untuk diambil kulitnya sebagai bahan pakaian, atau sebagai pertahanan melawan hewan-hewan predator. Bentuk dan desain serta cara kerjanya terus disempurnakan hingga saat ini dan perangkap tikus yang paling banyak digunakan di dunia adalah yang menggunakan pegas seperti yang kita kenal saat ini.

Hingga kini, perangkap tikus yang menggunakan cara kerja mengandalkan pegas dianggap yang paling efektif untuk memenuhi dua tujuan, yaitu untuk riset dan untuk pemberantasan hama. Perangkap tikus model inilah yang ditemukan oleh John Mast. John Mast merupakan warga Lancaster, Pennsylvania. Pada tahun 1985 ia mulai membuat perangkap tikus model pegas dan mematenkannya. Dialah yang tercatat sebagai orang pertama yang memiliki hak paten atas perangkap tikus menggunakan pegas.

Karena efektivitasnya, perangkap tikus John Mast segera populer meski tanpa iklan dan promosi. Lantas John Mast menjual penemuannya pada Oneida Community Ltd, sebuah perusahaan yang memproduksi perabotan perak. Setelah mendapatkan hak atas temuan John Mast, perusahaan itu mendiversifikasi produknya dengan perangkat berbahan baja, termasuk dalam pembuatan perangkap tikus.

Awalnya produksi perangkap tikus Oneida hanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. Namun permintaan terus berdatangan dari tempat-tempat lain dan bisnis ini menjadi bisnis yang paling menguntungkan. Perusahaan-perusahaan lain kemudian tertarik memproduksinya juga. Pada tahun 2000an, pabrik perangkap tikus Woodstream di Pennsylvania mampu memasarkan 10 juta perangkap tikus per tahun.

Paten perangkap tikus yang dibuat John Mast pun memicu banyak orang untuk memodifikasinya dan membuat paten baru. Kini, tercatat ada 4.400 paten perangkap tikus di Kantor Paten Amerika. Namun tidak semua paten perangkap tikus itu mampu diwujudkan menjadi alat perangkap yang bisa dijual dan menguntungkan. Dari 4000an paten, hanya sekitar 25% yang dapat menghasilkan perangkap tikus layak pakai dan bisa dijual. Meski begitu, perangkap tikus model John Mast tetap yang paling populer.

Sumber: http://sains.me/

0 komentar:

Post a Comment