About Me

Tuesday 22 April 2014

Histeris Saat Ketemu Idola, Ini Alasannya

Apa ya yang membuat para fans histeris ketika bertemu idola mereka?

Kamu punya idola? Bagaimana perasaanmu jika kamu berkesempatan untuk bertemu langsung dengan idolamu itu? Banyak remaja ketika melihat idolanya akan menjerit histeris. Hal ini juga terjadi ketika para fans remaja itu menonton konser musik sang idola. Apa sebenarnya yang membuat mereka berteriak-teriak seperti itu? Bahkan untuk kasus-kasus yang ekstrem, ada remaja yang menangis atau pingsan saat menonton konser.

Keanehan remaja saat menonton idolanya dipengaruhi oleh hormon dopamin. Hormon itu menjadikan seseorang merasa senang secara berlebihan sehingga tak jarang berteriak histeris atau menangis. Pada saat kita mendengarkan musik yang kita sukai, tubuh kita memproduksi hormon itu sehingga kita merasa senang menikmati lagu tersebut. Ketika kita bertemu langsung penyanyinya dan mendengar lagunya secara live, tingkat kesenangan itu menjadi berlipat-lipat karena tubuh memproduksi hormon dopamin berkali-kali lipat.

Dr. Daniel Levitin dari McGill University di Montreall menyatakan “Mendengarkan musik favorit dapat merangsang pelepasan dopamin, yaitu suatu neurotransmitter yang terlibat dalam proses kesenangan dan kecanduan, sama seperti saat orang makan cokelat atau menang pertandingan.”

Pada remaja, hormon tubuhnya masih mengalami fluktuasi sehingga emosinya sering meluap-luap dibandingkan orang dewasa. Karena itu, para remajalah yang biasanya menunjukkan reaksi berlebihan saat bertemu idolanya. Remaja laki-laki juga menyukai selera musik tertentu dan mengidolakan artis atau atlet favorit, tapi mereka lebih mampu mengendalikan diri sehingga lebih jarang terlihat histeris saat bertemu dengan idolanya. Mereka lebih cenderung mengikuti gaya si artis dalam kehidupan mereka yang kadang sampai terbawa hingga mereka dewasa.

Dalam taraf wajar, perilaku histeris semacam diatas bukan masalah. Akan menjadi masalah jika ketika seorang remaja mengidolakan seorang artis hingga menjadi terobsesi. Perilaku semacam itu tentu tidak sehat. Nah, bagaimana dengan kamu, apakah kamu juga suka teriak-teriak histeris ketika menonton konser idolamu? Hati-hati, jangan sampai jadi berlebihan, ya!

Sumber: http://sains.me/

0 komentar:

Post a Comment