About Me

Sunday 27 November 2011

Mengenali Indera Anjing

 

Mungkin semua sudah pada tahu jika anjing memiliki indera penciuman yang luar biasa. Bagaimana tidak? Anjing dapat melacak jejak kaki seseorang sampai pada tujuannya padahal daerah jalan yang diendusnya itu masih mempunyai jejak kaki yang lain.. Wow!!
Tetapi bukan itu saja kelebihan indera anjing. Selain itu, ada juga kekurangan dari indera anjing. Tertarik untuk mengetahui lebih dalam? Mari kita simak..

Pada umumnya, anjing menggunakan lima macam indera, masing-masing adalah indera penciuman di mana tingkat penggunaannya sebesar 100%, disusul indera pendengaran sebesar 70%, indera penglihatan sebesar 10%. Kalau indera terpenting pada manusia adalah syaraf mata, tidak demikian dengan anjing karena anijng lebih mengandalkan syaraf penciumannya.

1. INDERA PENCIUMAN
Indera penciuman anjing 40 kali lebih unggul dibandingkan manusia. Menurut hasil penelitian, indera penciuman anjing yang sangat sensitif dan peka ini, dikarenakan otak anjing, menghubungkan langsung antara hidung dan otaknya. Jadi jika dibandingkan dengan manusia, otak pembau anjing lebih berkembang dan lebih kuat. Jika dilihat pada mikroskop, bagian otak ini memiliki banyak lipatan, dan jika lipatan-lipatan tersebut dibuka dan dibeber, otak pembaunya lebih besar beberapa kali daripada kepunyaan manusia. Sebagai contoh, otak pembau seekor Anjing Gembala Jerman (AGJ) lebih besar empat kali lipat dibanding manusia.

Biasanya jika lubang hidung membuka, maka akan ada hawa yang keluar. Hawa yang keluar ini bercampur dengan udara yang ada disekililingnya, dan dihirup kembali. Udara yang dihirup kembali ini menjadi obyek penelitian para ahli untuk mengetahui perbedaan antara otak pembau anjing non-AGJ dengan AGJ. Padahal, pada umumnya sel penghirup ini dibedakan berdasarkan jenis anjing. Selain itu, indera penciuman anjing sangat tajam terhadap bau-bauan tertentu, terutama terhadap bau asam lemak.

Menurut penelitian laboratorium yang dilakukan terhadap anjing yang menjalankan diet selama beberapa waktu, tingkat sensitivitas indera penciumannya meningkat tiga kali lipat terhadap asam lemak. Hal yang sama diperlakukan terhadap anjing pelacak milik kepolisian. Oleh sebab itu, anjing pelacak bisa melakukan pengejaran dan mencari jejak penjahat, meski barang bukti yang ada sangat minim. Asalkan ada barang bukti yang menyisakan asam lemak sedikit saja, anjing tersebut sudah bisa menelusuri jejak penjahat.

2. INDERA PENDENGARAN
Selain bisa membedakan antara suara yang lembut dan suara yang tinggi, juga bisa membedakan nada tinggi, juga bisa membedakan nada yang gampang, tempo suara, dan mencari asal suara. Kalau manusia dalam satu detik bisa mendengar 20.000 db, seekor anjing yang paling maksimal bisa mendengarkan 80.000-100.000 db.

3. INDERA PENGLIHATAN
Seperti yang telah kita bahas sebelumnya. Ciri khas indera penglihatan anjing adalah anjing itu buta warna. Oleh sebab itu, yang bisa dilihat oleh seekor anjing adalah warna abu-abu, tidak bisa membedakan warna dan tidak bisa membedakan terang dan gelap. Dalam jarak kira-kira 100 meter, anjing tidak bisa membedakan majikannya. Selain itu, dalam situasi gelap, indera penglihatan anjing justru semakin tajam, dan bisa melihat benda-benda di dalam gelap.

4. INDERA PERASA
Indera perasa untuk makan dan hidung anjing, memiliki fungsi yang sama. Syaraf yang bisa menerima rasa ini semua ada di lidah anjing. Namun, menurut penelitian, indera perasa di lidah ini tidak bisa merasakan enak tidaknya makanan yang dia makan. Justru, nafsu makan anjing ditentukan oleh indera penciumannya. Makanan yang masuk ke mulut, tidak pernah dikunyah dan langsung ditelan.

5. INDERA PERABA
Syaraf indera peraba anjing, berada di bawah kulit untuk menerima rasa. Biasanya yang bisa meraba sesuatu adalah ujung-ujung badan, seperti telinga, mulut, ekor, dan jari-jari kaki.

>Sumber<

0 komentar:

Post a Comment