About Me

Sunday 27 November 2011

RegmagiK (Advanced Registry Editor) Pengganti Regedit Windows.

Buat para pemakai komputer pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Registry. Info lebih lanjut, coba singgah di sini.
Windows menyediakan tool bawaan yang bernama Regedit.exe agar user dapat melihat dan mengubah isi-isi registry Windowsnya. Cara menjalankan Regedit adalah dengan klik Start Menu-->Run-->Ketikkan "regedit" dan tekan Enter ataupun bisa dengan menekan tombol "Windows" di keyboard dan ketikkan "regedit" dan tekan Enter. Tetapi Regedit.exe masih memiliki beberapa kekurangan bagi para Advanced User.
Ada satu tool utk mengedit registry, yaitu: RegmagiK yang memiliki beberapa keunggulan:


1. Bookmark yang Lebih Rapi
Tool ini bisa melakukan Bookmark terhadap beberapa registry agar mudah dikunjungi setiap saat tanpa harus membuka key per key. Bookmarknya juga dapat disusun sehingga memiliki beberapa Sub-Bookmark. Pada Tool lain seperti TuneUp Registry Editor, Sub-Bookmark tidak tersedia.
2. Search yang Cepat dan Menampilkan Semua Hasil search dalam Bentuk List (Daftar)

Pada Regedit.exe, tersedia fitur "Find" yang hanya mencari tahap per tahap yang sangat repot untuk digunakan. Tetapi Tool ini bisa melakukan search dan menampilkan list semua yang cocok dengan kata kunci yang kita masukkan.

3. Menyediakan fitur "Find It To The Web"
Untuk mengetahui informasi tentang suatu Key/Value lewat Internet secara langsung dan menampilkan hasilnya tanpa harus melakukan search manual. Contoh hasil search: [HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon\Userinit].

4. Memiliki Fitur Copy, Cut, Paste
Inilah fitur yang saya cari-cari selama ini. Tool ini dapat melakukan operasi Copy-Paste dan Cut-Paste mirip seperti pada kasus File dan Folder.

5. Memiliki Fitur Explore Pada String yang Menunjukkan Lokasi
Untuk tipe data yang berupa String yang menunjukkan lokasi suatu file, bisa di-explore sehingga terbuka folder tempat file tersebut berada.

6. Free dan Sangat Ringan
Bahkan lebih ringan dibanding beberapa tools yang sejenis.
Kekurangannya: Tampilannya kurang menarik.
Saya cuma share gan, ini bukan software buatan saya.. Belum sehebat itu. :)

Mohon pendapatnya yah.. Atau mungkin kalo ada software sejenis yang lebih mantap..
NB: Tool ini bisa digunakan menggantikan regedit yang diblok sewaktu terkena virus


0 komentar:

Post a Comment