About Me

Saturday 26 November 2011

Makanan Penurun Kolesterol

Tidak semua lemak itu tidak baik. Lemak makanan yang perlu dihindari adalah sebagian besar lemak jenuh dari hewan dan lemak jenuh nabati seperti minyak kelapa dan juga santan, sebaliknya lemak tak jenuh bisa digunakan sebagai makanan penurun kolesterol.
Ini adalah beberapa buah buahan dan makanan penurun kolesterol. Secara global makanan dan buah-buahan ini mampu menurunkan LDL yang merupakan kolesterol jahat dalam tubuh manusia dan sebaliknya bisa meningkatkan HDL yang merupakan kolesterol baik bagi tubuh sehingga ukuran kolesterol normal.

1. Bawang Putih




Resep makanan yang banyak mengandung bawang putih sangat berguna untuk penurun LDL dan sangat cocok untuk makanan penurun kolesterol. Tentu saja tidak dikombinasikan dengan minyak jenuh dan santan yang berkebalikan manfaatnya. Gunakan minyak tak jenuh yang sudah banyak beredar di pasaran. Manfaat lain dari bawang adalah sebagai peningkat stamina, mencegah pembekuan darah, melindungi tubuh dari infeksi dan menurunkan tekanan darah.

2. Ikan Salmon


Konsumsi ikan salmon juga bisa sebagai makanan penurun kolesterol. Kadang lemak baik bagi tubuh, tapi sedikit saja kita memakan makanan berlemak, ada bagian lemak tersebut yang menutup pembuluh darah arteri kita. Sebaliknya dengan memakan Ikan salmon yang mengandung omega-3 maka akan menurunkan debaran jantung, mencegah atau menurunkan tingkat pelebaran pembuluh darah arteri, meningkatkan HDL, dan sebagai pencegah kolesterol terpecah dan menjadi sumbatan di arteri. Manfaat yang sama juga bisa anda temukan pada ikan mackerel, tuna, sarden.

3. Kacang-kacangan


Kacang merah, buncis, kacang panjang dan jenis kacang-kacangan juga bisa digunakan sebagai makanan penurun kolesterol sebanyak 10% bila kita konsumsi secara tertib selama kurang dari 2 bulan. Jenis kacang kenari, mede, dan almon juga rendah lemak yang juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Namun jenis kacang tersebut mengandung banyak protein. Sehingga anda harus memakan dalam jumlah yang seseuai kebutuhan agar mendapatkan manfaatnya.

4. Bayam



Kandungan lutein dalam bayam mampu mengusir kolesterol dalam pembuluh darah. Memakan bayam setiap hari bisa menetralkan makanan berkolesterol yang kita makan.

5. Kacang Kedelai


Kandungan Isoflavon dalam makanan berbahan baku kedelai bisa digunakan sebagai makanan penurun kolesterol bila dimasak dengan benar. Tidak dicampur santan dan tidak digoreng adalah cara yang bagus untuk memaksimalkan manfaat kacang kedelai.

6. Minyak Zaitun/Olive Oil


Minyak Zaitun atau olive oil banyak mengandung antioksidan yang bisa digunakan sebagai bahan makanan penurun kolesterol. Badan Pengawas Makanan AS (FDA) menganjurkan mengkonsumsi 2 sendok makan (23 gram) olive oil perhari. Penggunaan bisa sebagai campuran lalapan sayuran dan bisa sebagai pengganti mentega.

7. Teh


Teh juga banyak mengandung antioksidan yang digunakan sebagai penurun kolesterol. Biasakan minum teh setiap hari untuk menurunkan kolesterol yang menumpuk di tubuh anda.

8. Cokelat Hitam


Pilihlah cokelat hitam dibandingkan coklat putih yang tidak mengandung manfaat untuk penurun kolesterol, karena Cokelat hitam mengandung antioksidan dan flavanoid. Jangan campur cokelat dengan susu, karena anda tidak akan mendapat manfaat dari kombinasi tersebut.

9. Margarin



Margarin dari minyak biji kanola terbukti dapat menurunkan kolesterol

10. Alpukat


HDL bisa ditingkatkan dengan konsumsi Alpukat yang merupakan sumber lemak tak jenuh. Dengan mengkombinasikan dengan sayuran yang bisa menetralkan kandungan kalori yang tinggi dalam Alpukat, maka anda bisa mendapat manfaat dari mengkonsumsi buah tersebut sehingga buah tersebut sangat cocok untuk makanan penurun kolesterol.

11. Ikan dan Omega-3


Diet kaya omega-3 bisa menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, serta mengurangi risiko pengentalan darah. Beberapa jenis omega-3, seperti Docosahexaenoic acid (DHA) dan Eicosapentaenoic acid (EPA) terdapat pada makanan laut seperti salmon, albacore, tuna, herring, dan mackerel. Dokter menganjurkan untuk mengonsumsi paling sedikit 2 takar ikan kaya omega-3 per minggu. Studi dari Norwegian University of Science and Technology menemukan, pengidap diebetes tipe 2 yang mengonsumsi minyak ikan dosis tinggi selaam 9 minggu mengalami penurunan ukuran dan konsentrasi beberapa jenis lipoprotein (kolesterol) di dalam tubuh.

12. Kayu Manis.



Sebuah studi yang dipublikasikan di journal Diabetes Care menemukan, mengonsumsi 1/2 sendok teh kayu manis sehari secara signifikan mengurangi kadar gula darah pada pengidap diabetes tipe 2. Selain itu, cara ini juga terbukti efektif mengurangi trigliserida, kolesterol jahat LDL, serta kadar kolesterol total.

13. Oat dan Biji-bijian.



Kandungan serat larut dalam air di dalam oat dan biji-bijian sangat penting dalam menurunkan kadar kolesterol. Dokter menganjurkan untuk mengonsumsi 2-4 cangkir oat atau sereal jelai setiap hari untuk mendapatkan efek penurun kolesterol dari serat larut (Beta Glucan) di dalamnya. Selain itu, kandungan minyak dalam beras merah (bukan seratnya) juga bisa menurunkan kolesterol. Anda bisa memadukan kacang dengan beras merah untuk mendapatkan protein lengkap yang rendah lemak jenuh.

14. Wortel

Menurut Tory Hudson, N.D yang menjadi salah satu penulis The Women’s Encyclopedia of Natural Medicine menyatakan meskipun wortel bukan sumber makanan serat larut yang baik  namun dari hasil penelitian membuktikan jika mengkonsumsi disaat sarapan sedikitnya sepotong wortel mentah akan menurunkan kolesterol hingga 11% karena wortel ini mengandung serat yang tidak larut yang bermanfaat dalam membantu melancarkan fungsi pencernaan, serta mempercepat proses berkurangnya kolesterol dalam tubuh.

15. Buah-buahan Lain


Serat dalam buah-buahan mampu mengikis kolesterol dalam tubuh. Anggur mengandung zat catechin sebagai penurun kolesterol. Apel mengandung antioksidan yang tinggi dan kaya akan vitamin C. makanlah Apel beserta kulit yang mengandung pectin (serat larut) untuk menurunkan kolesterol. Blueberry mengandung pterostilbene yang sama fungsinya seperti antioksidan.

0 komentar:

Post a Comment