About Me

Sunday 11 May 2014

5 Mitos Tentang Diet Vegetarian Ini Akhirnya Terpatahkan!

5 Mitos tentang diet vegetarian ini akhirnya terpatahkan!

Diet vegetarian merupakan salah satu pola diet yang mewajibkan para pengikutnya untuk mengonsumsi lebih banyak sayur dibandingkan dengan jenis makanan lainnya. Sebab mereka menganggap bahwa sayur lebih memiliki banyak vitamin dan mineral dibandingkan dengan makanan lain. Sayuran juga dianggap memiliki efek samping yang lebih rendah dibandingkan dengan makanan non sayur.

Atas dasar itulah kemudian berkembang beberapa mitos tentang diet ini. Banyak mitos beredar yang menyebutkan diet ini akan membuat para penganutnya kekurangan nutrisi. Padahal hal tersebut sepenuhnya tidak benar.

Berikut adalah mitos tentang diet vegetarian yang harus Anda ketahui kebenarannya.

Vegetarian Tidak Mendapatkan Cukup Protein

Karena diet ini berbasis dengan sayuran, sehingga berkembang mitos bahwa penganut diet ini akan kekurangan protein. Padahal sebenarnya banyak sayuran atau makanan nabati yang mengandung protein seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah seperti alpukat.

Vegetarian Kekurangan Kalsium

Mitos ini berkembang sebab para vegetarian tidak mengonsumsi makanan hewani yang tinggi kalsium. Memang susu mengandung kalsium yang tinggi, namun beberapa jenis sayuran khususnya sayuran yang berdaun hijau tinggi akan kalsium. Bahkan, makanan sumber kalsium tertinggi adalah berasal dari bahan nabati, yaitu wijen. Ditambah lagi, sumber kalsium yang berasal dari bahan nabati tidak membuat Anda kehilangan kembali kalsium yang sudah didapat, untuk lebih jelas tentang bagaimana tubuh kehilangan kalsium, baca: Anggapan Keliru Osteoporosis Bisa Disembuhkan Dengan Susu.

Diet Vegetarian Adalah Jenis diet yang Tidak Seimbang

Padahal hal yang harus Anda ketahui adalah diet vegetarian memiliki proporsi yang baik antara karbohidrat kompleks, protein, dan lemak. Dan semuanya ini bisa dicukupi dengan makanan yang berbahan nabati.

Diet Vegetarian Hanya Cocok untuk Orang Dewasa

Banyak yang bilang bahwa diet vegetarian tidak cocok untuk anak-anak. Sebab anak-anak berada dalam masa tumbuh kembang yang membutuhkan banyak nutrisi makanan dari berbagai macam jenis makanan, tidak hanya nabati saja. Hal ini memang benar. Namun protein tidak hanya terbatas pada makanan hewani saja. Sebab lagi-lagi, makanan nabati pun tinggi akan protein yang dapat mencukupi kebutuhan tumbuh kembang anak.

Manusia Bukanlah Makhluk Herbivora

Banyak yang berkata bahwa manusia adalah makhluk karnivora alias ditakdirkan untuk makan daging karena kita memiliki taring. Namun sebenarnya itu hanyalah bentuk fisik saja. Sebab sistem pencernaan manusia lebih mirip dengan sistem pencernaan makhluk pemakan tumbuhan.

Itulah mitos tentang diet vegetarian yang harus Anda ketahui. Hal ini memberikan Anda pelajaran bahwa sebelum mempercayai suatu mitos, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu kebenaran di baliknya.

Sumber: http://www.merdeka.com/sehat/5-mitos-tentang-diet-vegetarian-ini-akhirnya-terpatahkan.html

0 komentar:

Post a Comment