About Me

Sunday 11 May 2014

Tahukah Anda? Otak Gurita Terletak Hampir di Seluruh Tubuhnya

Gurita, avertebrata paling cerdas!

Mungkin dalam benak masing-masing kita berpikir bahwa setiap makhluk hidup yang ada di bumi memiliki satu buah otak sebagai pusat koordinasi untuk tubuhnya. Namun ternyata berbeda dengan gurita karena pusat koordinasi tubuh gurita ada pada setiap tentakel atau sungutnya. Kemampuan ini membuat gurita memiliki kemampuan koordinasi yang lebih baik dibandingkan invertebrata alias hewan tak bertulang belakang yang lain. Oleh karena itu, gurita dijuluki sebagai hewan invertebrata terpintar.

Gurita memiliki masa hidup yang pendek dan sejak lahir sudah tidak berinteraksi dengan induknya sehingga gurita akan melalui masa belajar dan berlatih sendiri dengan cepat supaya mampu bertahan hidup. Kemampuan gurita ini didukung oleh sistem saraf yang terdistribusi di seluruh tubuhnya. Dua per tiga dari sel-sel sarafnya berada pada setiap tentakel sehingga ia mampu mengoordinasi dan bergerak secara sendiri-sendiri dalam melakukan suatu aktivitas.

Kepintaran gurita membuat ia menjadi satu-satunya invertebrata yang mampu menggunakan alat untuk bertahan hidup. Sebagai contoh, gurita mampu mengambil batok kelapa dengan otot-ototnya untuk dijadikan pelindung tubuh. Kemampuan koordinasi gurita juga tak tanggung-tanggung, ia dapat membuka tutup toples yang tertutup rapat, terkadang ia juga bermain dengan mengambil batu di dasar laut lalu melempar batu tersebut dan mengambilnya lagi secara berulang. Bahkan, ada gurita juga yang pandai meramal seperti Paul Si Gurita yang berhasil menebak juara piala dunia beberapa waktu lalu.

Kepintarannya ternyata menjadikan perilakunya yang unik.

Sumber: http://sains.me/1183/berkenalan-dengan-gurita-invertebrata-terpintar.html/

0 komentar:

Post a Comment