About Me

Sunday 11 May 2014

Mengenal Tasmanian Devil di Dunia Nyata

Ini dia penampakan Tasmanian Devil yang sebenarnya! (Gambar: tassieboys.com.au)

Kamu yang suka menonton kartun Looney Tunes pasti mengenal karakter Tasmanian Devil. Tokoh tersebut digambarkan sebagai hewan yang cukup agresif, lincah, dan bisa menggigit apapun. Ulahnya bisa bikin senang sekaligus sedikit kesal. Untung saja hewan semacam itu hanya ada dalam film kartun saja ya. Eits, siapa bilang? Tasmanian Devil ternyata memang ada di dunia nyata!

Ya, memang ada satu spesies hewan yang diberi nama Tasmanian Devil. Dinamai demikian karena hewan ini banyak ditemukan di daerah Tasmania, Australia, dan hewan ini termasuk salah satu karnivora yang cukup kuat.

Tasmanian devil ini tergolong karnivora yang paling besar di golongan marsupialia (hewan berkantung). Jika kamu sedang berada di kawasan Tasmania dan menemukan hewan yang menyerupai tikus tetapi berukuran seperti anjing kecil dengan bulu hitam, kepala cukup lebar, badan berotot, dan ekor cukup panjang, itulah Tasmanian Devil.

Hewan ini memang termasuk salah satu predator. Hampir semua jenis hewan bisa menjadi mangsanya, mulai dari mamalia kecil, burung, serangga, amfibi, hingga hewan yang berukuran cukup besar seperti wallaby.

Tasmanian Devil juga dibekali pendengaran dan penciuman yang kuat sehingga dapat membantu mereka dalam mencari mangsa di kegelapan. Selain itu, mereka juga dibekali rahang yang kuat dan gigi yang tajam. Imbasnya, mereka pun dapat memangsa hasil buruannya dengan cepat. Bahkan tak jarang mereka benar-benar menghabiskan mangsanya itu sampai ke tulang-tulangnya, sehingga tidak ada yang tersisa!

Wah, kalau begitu pantas saja mereka dinamai Tasmanian Devil (setan dari Tasmania).

Sumber: http://sains.me/2347/mengenal-tasmanian-devil-di-dunia-nyata.html/

0 komentar:

Post a Comment