About Me

Sunday 11 May 2014

6 Pulau Buatan Manusia Paling Tak Biasa di Dunia

6 Pulau buatan manusia paling tak biasa di dunia

Pulau adalah sebentuk daratan yang dikelilingi oleh perairan. Umumnya pulau terbentuk karena proses geologis yang memakan waktu lama. Tetapi berkat kemajuan teknologi sekarang manusia bisa membuat pulau dalam waktu yang relatif singkat. Tujuan pembuatan pulau artifisial ini bermacam-macam. Ada yang sengaja didirikan untuk tempat pariwisata, pemukiman penduduk, bahkan ada yang sengaja dijadikan tempat pembuangan sampah.

Selama seabad terakhir bermunculan pulau-pulau buatan dengan berbagai konsep yang unik. Tidak semuanya dibuat dengan teknologi mutakhir. Ada pula yang dibuat secara sederhana dari rangkaian jerami atau sampah botol plastik. Agar Anda tak penasaran, berikut ini kami sajikan enam pulau buatan manusia yang paling unik dari seluruh dunia seperti dilaporkan Popular Mechanics dan Web Ecoist.

1. Pulau Mur, Austria

6 Pulau buatan manusia paling tak biasa di dunia

Dalam bahasa Jerman, pulau ini bernama Murinsel yang artinya Pulau Mur. Pulau ini dinamai Mur karena ia berada di sungai Mur, Graz, Austria. Pulau ini dirancang oleh Vito Acconci, seorang arsitek asal New York.

Bentuknya seperti cangkang kura-kura yang terbalik. Diameternya 155 kaki dan dibuat dengan teknologi canggih dan konsep futuristik. Bagian atapnya dijadikan taman bermain dan amphiteater. Bagian dasar yang terletak di bawah permukaan air merupakan kafe dan bar yang cukup mewah. Pada malam hari pulau berukuran sedang ini tampak seolah menyala dengan warna biru.

2. Pulau Sampah Thilafushi, Maladewa

6 Pulau buatan manusia paling tak biasa di dunia

Thilafushi tadinya adalah sebuah laguna yang terletak beberapa kilometer dari Male, ibukota Maladewa. Laguna ini direklamasi pada tahun 1992 untuk mengatasi permasalahan sampah di Male. Sampah-sampah dari Male dibuang ke Thilafushi. Lama-kelamaan sampah dari kota-kota terdekat ikut dibuang di sini.

Sekarang hampir seluruh bagian laguna dipenuhi sampah. Sebagian besar merupakan sampah yang tak dapat didaur ulang dan mengandung bahan kimia. Jika diteruskan seperti ini, polutan di Thilafushi suatu saat akan menumpuk dan meracuni lingkungan sekitarnya. Karena itulah Blue Peace Maldives menyebut pulau ini 'bom beracun' yang siap meledak sewaktu-waktu.

3. Pulau Spiral, Meksiko

6 Pulau buatan manusia paling tak biasa di dunia

Pulau terapung yang satu ini ukurannya sangat kecil. Hanya muat satu rumah mungil dengan sepetak halaman berpasir. Maklum, pulau ini memang cuma dibuat dari sekumpulan botol plastik bekas. Pulau ini mengapung di sepanjang perairan Isla Mujeres dan Cancun, Meksiko. Pemilik sekaligus penciptanya adalah Rihart Sowa, pecinta lingkungan asal Inggris yang sudah lama tinggal di Meksiko. Sowa membuat tempat tinggalnya dengan lebih dari 100.000 limbah botol plastik yang ia kumpulkan dari tempat-tempat pembuangan sampah. Botol-botol itu dimasukkan dalam jaring kemudian disatukan hingga membentuk pulau. Halamannya dipenuhi tumbuh-tumbuhan dan pohon bakau. Sowa bahkan membuat sebuah kolam renang mungil di atasnya.

Ia membuat pulau spiral ini dua kali. Pulau spiral yang pertama terdampar di suatu daratan setelah terhempas badai Emily pada tahun 2005 lalu. Kemudian ia membuat lagi sebuah pulau dengan konsep serupa yang kemudian ia beri nama Pulau Spiral II.

4. Pulau Buatan Dubai

6 Pulau buatan manusia paling tak biasa di dunia

Negara yang menjadi bagian dari Uni Emirat Arab ini memiliki beberapa pulau buatan yang menakjubkan. Bentuk-bentuknya sangat unik. Ada yang berbentuk seperti daun palem raksasa dan peta dunia. Pulau-pulau ini dibuat dengan cara memompa pasir dari bawah laut dan mengumpulkannya hingga membentuk daratan.

Pulau Palem merupakan daratan buatan yang terbesar. Sebanyak 300 pulau buatan tersebut sengaja diciptakan khusus untuk kalangan elit. Konon para selebriti dunia seperti David Beckham dan Rod Stewart adalah pemilik dari salah satu pulau-pulau dengan fasilitas mewah tersebut.

5. Kamfers Dam, Afrika Selatan

6 Pulau buatan manusia paling tak biasa di dunia

Dari bentuknya saja pulau ini sudah terlihat unik. Jika dilihat dari atas, pulau ini persis dengan huruf S berukuran raksasa. Dari ujung ke ujung pulau ini dipenuhi oleh burung flamingo. Seorang ahli ornitologi bernama Mark Anderson sengaja memerintahkan pembuatan pulau tersebut untuk dijadikan habitat bagi burung-burung flamingo.

Sarang-sarang buatan, pompa air berbahan bakar tenaga surya, dan kelengkapan ekosistem yang dibutuhkan untuk habitat flamingo sengaja ditempatkan di pulau tersebut. Usaha Anderson tidak sia-sia. Dalam waktu singkat pulau ini sudah menjadi sarang kawanan flamingo sungguhan. Sekarang setidaknya ada 10.000 ekor flamingo yang tinggal dan berkembang biak di pulau ini.

6. Pulau Terapung Suku Uro

6 Pulau buatan manusia paling tak biasa di dunia

Pulau terapung merupakan bagian dari warisan budaya prasejarah suku Uro. Pulau ini dulunya dibangun untuk kepentingan pertahanan di Danau Titicaca. Jika musuh mendekat, penduduk suku tinggal melarikan diri berikut pulau mereka sekalian. Sampai sekarang suku Uro masih mempertahankan tradisi membuat pulau terapung yang berdiri di perairan yang memisahkan Peru dan Bolivia.

Pulau ini dibuat dari alang-alang kering. Meskipun bahannya sangat sederhana ternyata fasilitasnya cukup lengkap, lho. Ada rumah-rumah untuk setiap keluarga, sekolah, dan bahkan ada stasiun radio. Suku Uro juga membuat perahu dari bahan alang-alang ini.

Itulah enam pulau buatan manusia dari seluruh dunia yang paling unik.

Sumber: http://www.merdeka.com/gaya/6-pulau-buatan-manusia-paling-tak-biasa-di-dunia/pulau-terapung-suku-uro.html

Sumber: 

0 komentar:

Post a Comment