About Me

Sunday 31 March 2013

Hari Ini Amerika Serikat Membeli Alaska dari Rusia


Alaska adalah salah satu negara bagian Amerika Serikat. Menurut luas wilayah, Alaska adalah negara bagian AS yang terbesar, dan terkaya sumber alamnya. Alaska tidak tersambung dengan wilayah AS Daratan sehingga ia merupakan sebuah eksklave.

Alaska dibeli Amerika Serikat dari Rusia seharga 7,2 juta dollar Amerika pada 30 Maret 1867. Negara bagian ini berbatasan dengan Yukon dan British Columbia di Kanada. Selebihnya Alaska berbatasan dengan Samudera Pasifik, Teluk Alaska, Selat dan Laut Bering, Laut Beaufort, Laut Chukchi dan Kutub Utara. Pembelian ini menambah luas wilayah Amerika Serikat sebesar 586.412 mil persegi (1.518.800 km²).

Rusia saat itu sedang berada dalam posisi finansial yang sulit dan takut kehilangan Alaska. Saat itu, Inggris ingin merebut Alaska. Karena situasi dan kondisi yang sulit,  Tsar Alexander II memilih menjual Alaska. Rusia menawarkan Alaska pada Amerika Serikat tahun 1859. Sayangnya saat itu Amerika sedang dilanda perang saudara.

Setelah Perang Saudara Amerika berakhir, Tsar menginstruksikan menteri Rusia untuk Amerika Serikat Eduard de Stoeckl untuk bernegosiasi dengan Amerika Serikat. Negosiasi dimulai pada Maret 1867, dan Amerika setuju untuk membeli Alaska dengan harga 4.74 dolar AS/km2, total dolar AS 7.200.000. Pembelian ini terbukti berguna bagi Amerika Serikat karena penemuan kandungan minyak bumi yang besar di Alaska.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/03/30/mkg6bt-hari-ini-amerika-serikat-membeli-alaska-dari-rusia

0 komentar:

Post a Comment