About Me

Friday 16 May 2014

Wanita-Wanita Ini Tak Pernah Membuang Rambut Rontoknya


Sebagai wanita modern, mungkin kita gusar kalau ada rambut yang rontok. Namun segusar-gusarnya, kita akan merelakan rambut tersebut dan memilih untuk mencari cara agar rambut kita lebih kuat dan tak rontok lagi.

Lain halnya dengan wanita suku Miao di China. Mereka tak akan pernah membuang rambutnya yang rontok. Justru mereka akan menyimpan dan merawatnya seperti rambut yang masih tumbuh di kepala.

Photo copyright Dailymail.co.uk

Rambut-rambut ini akan dikumpulkan, dirawat dan dicat dengan baik. Kemudian dibalut hingga membentuk gelungan yang besar seperti tanduk. Oleh karena itu, tradisi ini disebut rambut tanduk. Mereka menggunakannya ketika ada event tertentu.

Photo copyright Dailymail.co.uk

Bentuknya sedikit kelihatan aneh karena sepertinya rambut itu terlalu berat untuk kepala mereka. Namun toh mereka tetap merasa cantik dan bahagia ketika menggunakannya.

Photo copyright Dailymail.co.uk

Meski tergolong langka, namun masih ada sekitar 5000 penduduk di Miao dan rata-rata wanitanya memelihara tradisi ini. Begitu sayangnya pada rambut tua tersebut, sampai-sampai rambut itu masih terlihat berkilau dan lembut saat digunakan.

Photo copyright Dailymail.co.uk

Dulunya tradisi ini juga dilakukan oleh lelaki, namun lama kelamaan jarang pria yang melakukannya. Tradisi ini dilakukan untuk menghormati para leluhur. Meski sudah ada bertahun-tahun, namun tradisi ini masih begitu kental di Miao. Salut ya dengan mereka yang mampu menjaga budayanya.

Sumber: http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/58527-wanita-wanita-ini-tak-pernah-membuang-rambut-rontoknya-dan-lihat-rambut-mereka-kini.html

0 komentar:

Post a Comment