About Me

Tuesday 25 December 2012

Sayuran Ini Bisa Memicu Penyakit Jantung


Makan sayur kecambah secara berlebihan ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Sayur kol dari genus kecambah ini, menyebabkan seorang pria harus dirawat di rumah sakit setelah mengkonsumsi sepiring penuh sayur kol.

Pria asal Ayrshire, Skotlandia, tersebut sebelumnya pernah mengalami gagal jantung dan kini diharuskan untuk mengkonsumsi antikoagulan atau sejenis obat pengencer darah.

Namun dokter tidak mampu menemukan pengobatan yang tepat untuk membantu mengencerkan darahnya, hingga pasien tersebut mengaku bahwa dia telah mengkonsumsi sepiring penuh sayur kol.

Sayuran ini merupakan sumber vitamin K yang membantu mengentalkan darah, sebagaimana dilaporkan DailyMail.

Konsultan kardiologi dari Golden Jubilee National Hospital, Roy Gardner, mengatakan bahwa pasien yang mengkonsumsi antikoagulan disarankan untuk tidak banyak mengkonsumsi sayuran hijau yang merupakan sumber vitamin K. Sayuran ini membuat efek antikoagulan bekerja dengan cara sebaliknya.

Antikoagulan bekerja dengan mengubah cara hati memproses vitamin K. Semakin sedikit vitamin K yang dimiliki tubuh, maka semakin kecil kemungkinan seseorang mengalami penggumpalan darah.

Oleh sebab itu, chief executive dari Golden Jubilee Hospital mengatakan bahwa “brussels sprouts” atau sayur kol adalah salah satu penyebab terjadinya penggumpalan darah, bila dikonsumsi secara berlebihan.

Sumber: http://bisnis-jabar.com/index.php/berita/sayuran-ini-bisa-memicu-penyakit-jantung

0 komentar:

Post a Comment