About Me

Tuesday 9 October 2012

Beredar Emas Palsu Berisi Tungsten di New York

Potongan Emas Batangan yang Telah Disisipi Tungsten

Seorang pedagang (dealer) emas di Manhattan Diamond District di 47th Street pekan lalu menemukan bahwa emas batangan jelas bersertifikat ternyata lebih dari 75 persen Tungsten.

Pada bulan Maret 2012, dunia bisnis dihebohkan dengan ditemukannya 1 kg emas batangan yang diduga ditemukan telah "dikotori" dengan Tungsten, logam dengan massa jenis yang hampir sama (ρemas = 19,30 g/cm3 dan ρtungsten = 19,25 g/cm3) tetapi jauh lebih murah daripada emas. Jadi, jika diukur perbandingan volume dan beratnya, akan didapat hasil pengukuran yang sangat mirip. Atas dasar inilah, emas batangan diisi dengan logam tungsten yang jauh lebih murah untuk menipu pembeli.

Satu kg emas batangan sangat tebal, membuat mereka sulit untuk mendeteksi keasliannya, mengingat standar sinar-X yang digunakan oleh dealer tidak mampu menembus dengan cukup dalam.

Seorang pedagang emas di kota New York, Ibrahim Fadl, baru-baru ini mendapat musibah. Bukan karena perampokan tapi karena telah membeli emas batangan palsu. Sebenarnya isu emas batangan palsu sudah dia dengar di Inggris sejak bulan Maret lalu, tapi waktu itu ia masih tidak yakin bahwa hal tersebut akan terjadi pula di kota dimana dia berbisnis.

Setelah menghabiskan kira kira seratus ribu dolar amerika serikat untuk membeli emas batangan yang tiap batangannya memiliki berat 10 ons, Fadl mencoba meyakinkan dirinya bahwa emas yang baru dibelinya adalah asli. Dengan hati hati ia melubangi salah satu batang emas. Ia terkejut mendapati batangan emas tersebut ternyata berisi logam tungsten bukan emas.



Satu ons emas bernilai $ 1.766, sedangkan satu ons Tungsten bernilai sekitar $ 360. Dengan kata lain, Fadl telah menghabiskan 18 ribu dolar AS untuk tiap batang emas palsu berisi tungsten yang nilainya cuma beberapa puluh dolar.

Fadl mengatakan ia membeli palsu dari seorang pedagang Rusia yang juga membeli dari dia sebelumnya. Dia tidak menyebutkan nama pedagangnya dan mengatakan pria itu sudah kembali ke negara asalnya.

Kasus emas palsu ini telah dilaporkan ke pihak berwenang Amerika Serikat. Pihak berwajib menyarankan Fadl untuk membeli emas dari agen emas yang ternama agar kejadian tersebut tidak terulang kembali.

Tetapi, Fadl mengatakan bahwa batangan emas tersebut dibelinya dari agen emas yang cukup terkenal, bahkan tiap batang emasnya disegel dan dilengkapi dengan sertifikat. Nomor seri pada batangan emas pun cocok dengan yang tertulis di sertifikat. Ia menambahkan bahwa siapa pun yang memalsukan batangan emas tersebut pastilah sangat ahli, karena tidak ditemukan tanda tanda emas tersebut telah dirusak. Namun ia masih tidak mampu menjelaskan bagaimana hal tersebut dilakukan. "Ini memalukan. Bisnis ini dibangun atas dasar kepercayaan", katanya.

Pihak berwenang mengatakan bahwa melihat dari kecanggihan emas palsu ini, mereka mencurigai keterlibatan sindikat kriminal internasional.


Ibrahim Fadl datang ke New York dari Mesir pada pertengahan tahun 70-an untuk menempuh gelar Master di bidang teknik kimia dari Universitas Columbia. Dia mungkin satu-satunya pria di 47th Street yang memajang tabel periodik unsur di kantornya.

Pengujian keaslian emas batangan dengan Ultrasonik:



Sumber:
http://www.businessinsider.com/tungsten-filled-gold-bars-found-in-new-york-2012-9
http://anationinperil.com/?tag=palsu-emas-bar&language=id
http://waskita-adijarto.blogspot.com/2012/03/ada-bukti-kuat-bahwa-ada-emas-batangan.html
http://www.satuindonesia.com.au/content.php?592-Emas-Batangan-Palsu-Beredar-Di-Kota-New-York
http://www.goldmoney.com/video/gold-testing-short-video.html

0 komentar:

Post a Comment