About Me

Friday 26 October 2012

Inilah 5 Cara Bikin Perjalanan ke Tempat Kerja Jadi Lebih Sehat


Tinggal di kota besar memang membatasi kesempatan olahraga, hingga akhirnya gampang sakit. Namun dengan sedikit kreativitas, perjalanan sehari-hari menuju tempat kerja bisa dibuat jadi lebih sehat bahkan bisa dimanfaatkan untuk olahraga.

Beberapa cara membuat agar perjalanan menuju tempat kerja jadi lebih sehat antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari Huffingtonpost:

1. Naik sepeda

Di Amerika Serikat, karyawan yang mengendarai sepeda untuk berangkat kerja jumlahnya makin banyak bahkan lebih banyak dibanding kan pengguna angkutan umum. Kalau jarak tempuh dan lalu lintasnya memungkinkan, naik sepeda adalah salah satu pilihan pilihan sehat untuk berangkat kerja.

2. Naik kendaraan umum

Apabila tidak memungkinkan untuk naik sepeda, maka naik angkutan umum masih lebih sehat dibanding naik mobil pribadi. Setidaknya dengan kendaraan umum, orang harus berjalan kaki lebih jauh untuk menuju halte terdekat dan ini bisa dihitung sebagai aktivitas fisik yang menyehatkan.

3. Mendengarkan musik klasik

Kalau naik kendaraan umum pun tetap tidak memungkinkan, maka naik mobil pribadi juga bisa dibuat lebih sehat dengan cara memutar musik klasik. Sebuah penelitian menunjukkan, tingkat stres pengemudi di jalan raya lebih rendah ketika mendengar musik klasik dibandingkan saat mendengar musik metal.

4. Indekost dekat kantor

Terlepas dari jenis kendaraan yang digunakan untuk pergi ke kantor, jarak tempuh sangat mempengaruhi tekanan darah dan lingkar pinggang. Penelitian menunjukkan bahwa makin dekat jarak tempuh antara tempat tinggal dengan kantor, makin stabil tekanan darah dan semakin kecil pula lingkar pinggangnya.

5. Cari tempat parkir yang agak jauh

Cara lain untuk meningkatkan aktivitas fisik saat berangkat kerja adalah dengan mencari tempat parkir yang agak jauh lalu jalan kaki menuju tempat kerja. Tidak perlu setiap hari, cukup 3 kali sepekan sudah bisa mengurangi risiko gangguan jantung asal masing-masing dilakukan selama 30 menit.

Sumber: http://health.detik.com

0 komentar:

Post a Comment