About Me

Tuesday 23 October 2012

Agar Suhu Tubuh Dingin, Kumbang Injak Kotorannya

foto

Kumbang kotoran ternyata menggunakan bola kotoran mereka untuk menjaga suhu tubuhnya tetap dingin. Kumbang-kumbang ini menggunakan cara cerdas itu untuk menjaga kaki dan kepalanya dari panas yang berlebihan.

Caranya, kumbang kotoran itu naik ke atas bola kotoran basah miliknya tiap kali kaki dan kepalanya merasa panas. Begitu kata salah seorang peneliti, Marcus Byrne. "Kami melihat bahwa mereka naik bola kotoran itu lebih sering ketika panas matahari pada tengah hari," ujarnya.

Bahkan, ketika kumbang berada di tanah yang panas, ia akan memanjat bola basah kotoran itu tujuh kali lebih sering dibandingkan di tanah dingin. Untuk membuktikan bahwa kumbang yang merasa kakinya kepanasan akan memanjat bola, para peneliti memakaikan sepatu silikon di kaki depan mereka.

"Sepatu ini benar-benar bekerja. Kumbang bersepatu menjadi kurang sering naik pada bola kotoran itu ketika panas. Ini sangat mengejutkan," ujar Jochen Smolka, salah seorang peneliti. Penemuan oleh peneliti Afrika Selatan dan Swedia ini adalah contoh pertama dari serangga yang menggunakan perlindungan termal bergerak.

Fenomena ini merupakan demonstrasi atas strategi cerdas bahwa serangga dan makhluk berdarah dingin memiliki perilaku tertentu untuk menjaga suhu tubuh mereka. "Evolusi memiliki kemampuan yang menakjubkan menggunakan bagian tubuh untuk tujuan baru," kata Smolka.

Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2012/10/23/061437312/Agar-Suhu-Tubuh-Dingin-Kumbang-Injak-Kotorannya?

2 comments:

  1. hebat juga ya binatang kecil ini, mungkin manusia perlu menirunya, drpd buang duit beli ac ... hehe, artikelnya mnarik nih kang Herman....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yaa.. Tapi apa manusia mau menginjak k*t*rannya sendiri demi menghemat AC yaa? :D

      Terima kasih atas kunjungan setianya kang Kangtok.. :)

      Delete