About Me

Tuesday 17 July 2012

Orang Maag Sebaiknya Makan dalam Porsi Kecil Tapi Sering


Salah satu penyakit yang banyak dijumpai oleh masyarakat perkotaan adalah maag. Untuk mengurangi atau mencegah gejalanya, pasien maag disarankan makan dalam porsi kecil tapi sering.

"Orang dengan maag kronis disarankan makan dengan small frequency feeding, jadi makanlah dengan porsi yang kecil tapi lebih sering," ujar dr Hayatun Nufus, SpPD dari RSCM dalam acara Konferensi Pers Pusat Konsultasi Ahlinya Lambung di Lapangan Masjid Agung Al-Azhar, Selasa (17/7/2012).

dr Hayatun menuturkan proses pencernaan berjalan sekitar 4-6 jam, jadi kalau memang punya sakit maag maka disarankan membawa bekal makanan di kantong atau tas seperti cracker yang sehat.

Lebih lanjut dijelaskan pencernaan merupakan suatu proses yang kompleks yang mana melibatkan enzim-enzim pencernaan, saraf yang kompleks dan juga kinetik atau peregangan.

Kalau seseorang makan terlalu banyak maka akibatnya lambung akan teregang, kondisi peregangan sendiri sudah membuat perut terasa begah atau terdorong. Selain itu juga membuat asam lambung meningkat akibatnya timbulah keluhan seperti perut kembung, mual, nyeri di ulu hati yang merupakan gejala maag.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah usahakan untuk makan secara perlahan-lahan, karena jika seseorang makan terburu-buru dan ditambah dengan porsi yang besar maka akan banyak makanan yang tidak dicerna sehingga memicu timbulnya gejala.

"Kondisi ini juga berlaku ketika pasien maag melakukan puasa, disarankan tidak makan berlebihan saat sahur mau pun berbuka. Ketika berbuka disarankan porsi kecil dulu lalu dilanjutkan dengan makan besar setelah shalat magrib," ungkapnya.

Selain itu beberapa jenis makanan atau minuman juga harus diperhatikan oleh pasien maag seperti menghindari makanan yang mengandung banyak gas (sawi, kol), buah tertentu seperti pisang ambon dan angka, minuman bersoda, alkohol dan susu full cream.

Sumber: health.detik.com

2 comments:

  1. owh,,iya memang,,sayapun demikian,,,makan posri kecil tapi sering karena kalau langsung posri besar justru akna terasa sakit dan tidak nyaman..thanks

    ReplyDelete