About Me

Tuesday 17 July 2012

Aji Darius Juara Barista di Bandung


Salah satu sahabat dari Admin Ki@mhu Blog, Aji Darius (25) dari Roswell Coffee Bandung baru saja mengukuhkan dirinya sebagai juara Barista dalam acara Pameran Teh dan Kopi di kota Bandung, 8-9 Juli kemarin. Menyisihkan 11 peserta lainnya, Aji berhak mengantungi hadiah uang tunai sebesar 5 juta rupiah berikut paket perjalanan ke Italia melihat pabrikan La Marzocco.

Aji hanya punya persiapan beberapa hari dan harus ngebut mempersiapkan penampilannya terutama racikan signature drink yang ia kembangkan dari resep ciptaannya sendiri dan berhasil mengumpulkan poin tertinggi dan menjadi juara event ini.


Lajang kelahiran Medan sekaligus sarjana Ekonomi dari Universitas Parahyangan Bandung berhasil masuk ke babak final bersama Firmansyah (26) dari Hotel Aston Cihampelas Bandung dan Efin (Morning Glory). Kejuaraan Barista hanya berlangsung sehari, Minggu 8 Juli di Cihampelas Walk Bandung beserta pameran Teh dan Kopi yang diikuti oleh 17 peserta yang antara lain Kafana Coffee, Morning Glory, Roswell, Coffindo, waralaba Semerbak Kopi dan para produsen teh lainnya.



Saat babak final, ketiga peserta sudah mengerahkan segenap kemampuannya dan saat hasilnya diumumkan, perolehan nilai tak terlalu terpaut jauh. Salah seorang juri membisikan bahwa dari segi teknik, banyak peserta sudah menunjukan kemampuan yang berarti. Dalam penampilan finalnya, Aji meraih berhasil meraih nilai tertinggi sekaligus mempresentasikan dirinya sebagai Barista yang cakap berbahasa Inggris di hadapan dua juri dari Toby Estate, Australia.

Foto lainnya:





Mendengar keberhasilannya ini, Ki@mhu Blog melakukan sedikit tanya jawab dengan Aji Darius yang dikenal sebagai sosok yang ceria dan humoris ini:

Bisa Anda gambarkan sedikit mengenai kompetisi Barista?

Kompetisi Barista adalah kompetisi yang mewajibkan semua peserta membuat 12 minuman kopi dalam 15 menit, yang terdiri dari 4 Espresso, 4 Cappucino, dan 4 minuman kopi racikan kita sendiri (signature drink). Penilaian diuji dari segi kualitas dan penampilan minuman, teknis (keterampilan), customer service, presentasi dan profesionalisme barista.

Bagaimana perasaan dan kesan Anda setelah memenangi kompetisi ini?

Senang pasti, dan tidak disangka bisa memenangkan kompetisi. Tetap tidak akan berhenti belajar karena diluar sana masih banyak barista tingkat dunia yang jauh diatas saya.

Apa ya kira-kira rahasia Anda sehingga bisa menjadi juara?

Tidak ada rahasia sih sebenarnya, semua hanya berawal dari passion, semangat, dan ketekunan dalam menjalani profesi di indusitri kopi & Barista.

Apa harapan Anda setelah menjuarai kompetisi ini?

Tidak ada harapan khusus, saya berencana untuk melaju ke kompetisi tingkat nasional dan jika memungkinkan ke tingkat internasional.

Bisa ceritakan sedikit mengenai Anda dan Roswell Coffee?

Profesi saya sekarang sebenarnya adalah marketing, bukan seorang barista yang bekerja 8 jam di Bar. Tempat saya bekerja adalah Roswell Coffees, perusahaan yang bergerak dibidang Roasting coffee, Training Barista Center, Coffee Shop, supplier roasted coffee beans, powder drinks, espresso machines dan equipment.

Apa Moto Hidup anda?

Jalanin apa yang kamu impikan dan senangi. Pursue all my dreams come true.

Pesan yang bisa Anda sampaikan kepada pembaca setia di sini?

Passion never lost us. Jalanin apa yang kita senangi, mungkin dalam jangka pendek tidak terlalu menghasilkan dari segi materi, tetapi kesenangan dalam menjalani profesi yang kita pilih akan membuahkan hasil suatu saat.

Well, terima kasih atas waktunya. Selamat untuk Aji! Saya dan teman-teman lainnya bangga sekali dengan Anda.
Jangan cepat berpuas diri karena umur Anda masih muda dan perjalanan karir masih panjang. Selamat berpetualang! Kami tunggu prestasimu berikutnya. Good luck.. 

Sumber:
http://www.cikopi.com/2012/07/aji-darius-juara-barista-di-bandung
http://www.pikiran-rakyat.com/node/195159

0 komentar:

Post a Comment