About Me

Wednesday 11 April 2012

Sup Sirip Hiu Berbahaya bagi Otak

Sup Sirip Ikan Hiu Mengandung Neurotoksin Konsentrasi Tinggi

Peneliti dari Universitas Miami menemukan konsumsi sup sirip hiu bukan hanya membahayakan spesies laut, tapi juga mengancam kesehatan. Konsentrasi tinggi neurotoksin BMAA pada sirip hiu terkait dengan gangguan kesehatan otak.

Studi yang dimuat dalam jurnal Marine Drugs menunjukkan bahwa konsumsi sup sirip hiu dan pil tulang rawan hiu menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan adanya penyakit neurodegeneratife di antaranya Alzheimer dan penyakit Lou Gehrig.

"Sirip hiu umumnya diperoleh dari bagian sirip. Banyak praktik yang mengambil sirip dari laut memutilasi mereka dan dibuang kembali ke laut, sehingga memicu kematian mereka," kata rekan penulis Neil Hammerschlag, asisten profesor kebijakan dan hubungan kelautan Miami.

Dia mengatakan,"Akibat praktik tersebut, banyak spesies hiu yang menuju kepunahan. Hiu, menurut penelitian bukan hanya untuk menjaga keseimbangan ekosistem, tapi juga menunjukkan konsumsi sirip hiu sangat berbahaya," tambah Hammerschlag seperti dikutip Hindustan Times.

Studi mengumpulkan tujuh spesies hiu, yaitu blacknose, blacktip, bonnethead, banteng, martil besar, lemon, dan hiu perawat dari seluruh perairan di Florida selatan.

"Konsentrasi BMAA dalam sampel memprihatinkan, tidak hanya dalam sup sirip hiu, tetapi juga dalam suplemen makanan dan bentuk lain dicerna oleh manusia," kata rekan penulis studi Deborah Mash, profesor dan direktur University of Miami otak Endowment Bank.


Sumber: vivanews.com

0 komentar:

Post a Comment