About Me

Wednesday 29 March 2017

Insiden Eskalator Berjalan Terbalik di Hong Kong


Sebuah Eskalator indoor terpanjang di Hong Kong mengalami insiden berbalik arah. Eskalator itu memiliki panjang 45 meter dan menghubungkan lantai 4 dengan lantai 8 pada sebuah pusat perbelanjaan.

Terdapat 18 orang luka-luka saat sebuah eskalator tiba-tiba berbalik arah dan berjalan dengan kecepatan dua kali lipat di Hong Kong, China. Eskalator sepanjang 45 meter yang bermasalah itu diketahui berada di Langham Place, Kowloon, wilayah otonomi Hong Kong.

Kronologi



Eskalator yang seharusnya bergerak naik tersebut tiba-tiba bergerak turun dalam kecepatan tinggi (sekitar dua kali lebih cepat), sehingga melemparkan orang-orang ke bawah. Ratusan orang yang terjebak di atas eskalator berteriak ketakutan. Beberapa orang berupaya menyelamatkan diri dengan berpegang pada sisi eskalator.

“Eskalator itu melaju dengan cepat sehingga orang-orang tidak bisa segera bereaksi. Lebih dari 10 orang saling tindih di bagian bawah eskalator,” ujar saksi mata bernama Lau Kit-ying, mengutip dari The Independent, Minggu (26/3/2017).

Saksi mata lain menuturkan, 14 perempuan dan 3 pria luka-luka akibat insiden tersebut. Para korban luka kehilangan keseimbangan hingga terguling ke bagian bawah eskalator. Para korban mendapatkan perawatan dari Tim SAR di lokasi kejadian.

Media lokal Hong Kong, Apple Daily, melaporkan 14 wanita dan empat pria mengalami luka-luka dalam insiden ini. Para korban luka dilarikan ke Rumah Sakit Kwong Wah dan Rumah Sakit Queen Elizabeth untuk menjalani perawatan medis.

Otoritas Dinas Pemadam Kebakaran setempat menyatakan tidak ada korban luka yang mengalami patah tulang dan semuanya dibawa ke rumah sakit dalam kondisi sadarkan diri.

Penyebab

Juru bicara Departemen Layanan Mesin dan Listrik Hong Kong menuturkan kepada South China Morning Post (SCMP), salah satu rantai (driving chain) pada eskalator itu mengalami kerusakan. Diduga, kerusakan itu yang memicu insiden ini, ditambah dengan rem (braking device) yang tidak berfungsi baik. "Departemen sedang menyelidiki secara menyeluruh untuk memastikan penyebab insiden ini," terang juru bicara itu.

Dia menambahkan, eskalator tersebut sudah lulus uji berkala beberapa waktu lalu. Inspeksi tahunan dilakukan dalam setahun, sementara pengecekan rutin dilakukan satu kali setiap dua pekan.

Menyusul insiden ini, pemerintah Hong Kong memerintahkan para kontraktor untuk menginspeksi 57 eskalator dengan panjang lebih dari 15 meter dalam waktu sebulan.

Langham Place diketahui sebagai salah satu pusat perbelanjaan paling padat di Hong Kong. Mal dengan 15 lantai itu memiliki lebih dari 200 gerai berbeda dan dikunjungi sekira 200 ribu orang setiap harinya.

Sumber:
http://news.detik.com/internasional/d-3458132/eskalator-bergerak-terbalik-di-mal-hong-kong-2-orang-ditangkap

http://news.okezone.com/read/2017/03/26/18/1651412/video-eskalator-bergerak-terbalik-sebabkan-17-orang-luka-luka
http://style.tribunnews.com/2017/03/25/waduh-eskalator-mall-di-hong-kong-berjalan-terbalik-lebih-cepat-akibatkan-17-orang-cedera

0 komentar:

Post a Comment