About Me

Tuesday 2 August 2016

Hal-Hal Unik di Finlandia

Ada apa saja di Finlandia ?

Finlandia adalah salah satu negara Nordik yang unik. Negeri dengan ribuan danau dan yang memiliki banyak pulau sebanyak 187.000-an ini berbatasan dengan beberapa negara. Finlandia juga merupakan salah satu negara nordik yang berbeda jauh dengan sesamanya seperti Swedia, Norwegia, ataupun Denmark. Finlandia lebih serumpun dengan salah satu tetangganya yaitu Estonia. Karena diyakini, orang-orang Finlandia berasal dari pegunungan ural dan bahasa yang mereka gunakan sangat berbeda dengan bahasa-bahasa nordik lainnya.

Finlandia memiliki beberapa hal menarik yang mungkin belum kita ketahui. Apa sajakah itu?

Aurora Borealis

Ada apa saja di Finlandia ?

Ya, negara - negara yang berada dilingkar arktik pasti dapat melihat fenomena alam yang satu ini, tidak terkecuali dengan Finlandia. Kita dapat melihat Aurora selama 200 harinya setiap tahun. Melihat aurora membutuhkan langit yang cerah dan jauh dari polusi cahaya. Di salah satu provinsi Finlandia yaitu Laplandia, kita dapat melihat Aurora dari akhir musim gugur sampai awal musim semi (September-Maret) saat tengah malam. Menurut legenda suku sami di utara Finlandia, Aurora berasal dari rubah arktik yang berjalan di salju arktik dengan ekornya memancarkan cahaya ke langit. Dalam mitos Finlandia dinamakan 'Revontulet' yang berarti Rubah yang terbakar.

Matahari Tengah Malam

Ada apa saja di Finlandia ?

Kejadian ini hanya terjadi saat musim panas berlangsung, yaitu dari bulan mei sampai agustus. Matahari akan terlihat sepanjang hari di wilayah yang masuk lingkar arktik seperti laplandia. Di saat musim panas ini, banyak diadakan festival - festival musik rock dan metal di Finlandia

Sauna

Ada apa saja di Finlandia ?

Sauna atau berendam di air panas sudah menjadi budaya dan tradisi di masyarakat Finlandia. Ada sekitar 2 juta unit Sauna yang tersebar di seluruh Finlandia. Orang-orang Finlandia pergi ke sauna hanya untuk relaks dan menenangkan pikiran. Tahukah Anda, jika kata 'Sauna' itu sendiri merupakan kosakata dari bahasa Finlandia?

Ribuan Danau

Ada apa saja di Finlandia ?

Finlandia memang pantas disebut sebagai negeri seribu satu danau, karena faktanya terdapat 188.000 danau di negara ini, dari ukuran yang besar sampai yang kecil yang membuat Finlandia terlihat berbeda dengan negara eropa lainnya.

Orang Finlandia mengunjungi danau setiap musim panas, yang mana mereka suka memancing, kanoing, dan berlayar di danau.

Santa Claus Nyata

Ada apa saja di Finlandia ?

Banyak orang yang meyakini kalau santa claus berasal dari Finlandia dan tinggal di lingkar arktik di negara tersebut. Tidak tahu apa yang ada dalam pikiran mereka, mungkin utara negeri Finlandia (Lapland) yang penuh salju membuat mereka berpikir akan hal itu.

Sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/579d4f005c7798a17a8b456a/ada-apa-saja-di-finlandia/?ref=homelanding&med=hot_thread

0 komentar:

Post a Comment