About Me

Wednesday 5 December 2012

Teknologi Garis Gawang Resmi Dipakai di Piala Dunia Antarklub


FIFA akhirnya setuju untuk memberlakukan teknologi garis gawang di sebuah pertandingan. Percobaan pertama akan dilakukan di laga pembuka Piala Dunia Antar Klub besok.

Kedua tim yang akan bertanding di laga tersebut adalah klub Jepang, Sanfrecce Hiroshima, melawan klubSelandia Baru, Auckland City, di International Yokohama Stadium, Kamis (6/12/2012).

Sekretaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke, mengatakan sangat antusias untuk melihat hasil percobaan teknologi garis gawang tersebut.

"Ini semacam revolusi. Jika Anda memiliki kesempatan untuk mendekati kesempurnaan, mengapa Anda tak mencobanya," ujar Valcke seperti dilansir Reuters.

Teknologi garis gawang tersebut nantinya akan memakai dua jenis sistem, antara lain adalah Hawk Eye -- yang sudah biasa digunakan dalam olahraga kriket dan tenis--, serta GoalRef, sebuah sistem dengan menaruh microchip dalam bola dan sebuah gelombang magnetik berfrekuensi rendah untuk memastikan terjadinya gol. Untuk membuat semua teknologi tersebut, FIFA menghabiskan total dana hingga 2 juta dolar.

Ditegaskan bahwa teknologi tersebut hanya untuk menentukan apakah terjadi gol atau tidak. Wasit tetap menjadi pihak yang membuat keputusan di lapangan.

"Teknologi ini takkan mengubah kecepatan, nilai-nilai maupun spirit dari permainan ini. Tak ada alasan untuk menentang teknologi ini.

Piala Dunia Antar Klub atau FIFA Club World Cup dihelat 6-17 Desember 2012. Selain dua klub yang disebutkan di atas, kontestan lain adalah Corinthians (juara Libertadores 2012), Chelsea (juara Liga Champions 2012), Ulsan Hyundai (juara Liga Champions AFC 2012), Al-Ahly (juara Liga Champions CAF 2012), Monterrey (juara Liga Champions CONCACAF 2012).

Sumber: http://sport.detik.com

0 komentar:

Post a Comment