About Me

Wednesday 5 December 2012

Hindari Influenza Dengan Tak Menyentuh Wajah

Hindari Influenza Dengan Tak Menyentuh Wajah

Para peneliti menyatakan bahwa secara langsung kita telah memasukkan bakteri dan virus penyebab influenza ke dalam tubuh, dengan menyentuh di area mulut dan hidung.

Namun, tim penelitian dari National Institutes of Health Maryland, AS, hanya sedikit masyarakat yang sadar bahwa menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci akan menyebabkan mereka jatuh sakit.

"Ada banyak cara untuk tangan terkena kontaminasi meskipun Anda sudah mencucinya," ujar ketua penelitian, Dr Wladimir Alonso, kepada MyHealthNewsDaily sebagaimana dilansir dari DailyMail.

"Bila virus yang menyerang saluran pernapasan ada di sekitar Anda, maka ini harus diperhitungkan," ujar dia.

Alonso dan koleganya secara acak melakukan penelitian terhadap 249 orang di area publik di daerah 'subway' di Washington D.C., dan di Florianopolis, Brazil.

Mereka menemukan bahwa orang-orang yang seringkali menyentuh benda-benda yang ada di sekitar mereka setidaknya 3,3 kali dalam kurun waktu satu jam. Dalam kurun waktu jam pula, orang-orang ini menyentuh wajah mereka hingga 3,6 kali.

Dengan begitu, kuman yang terdapat di berbagai benda akan lebih cepat menempel di tangan dan berkembang biak lebih cepat, sebelum mereka membersihkan tangannya.

Alonso mengatakan saat wabah influenza menyerang, orang-orang harus lebih diingatkan kembali mencoba untuk tidak menyentuh wajah mereka, meskipun telah mencuci tangan berkali-kali.

Namun Alonso menambahkan, meskipun penting untuk meningkatkan kewaspadaan, namun masalah ini tidak perlu dilebih-lebihkan. Sistem imunitas tubuh yang baik akan memberikan proteksi untuk melawan penyakit.

Sumber: http://www.iannnews.com/culinary_entertainment-4752-hindari-influenza-dengan-tak-menyentuh-wajah

0 komentar:

Post a Comment