About Me

Wednesday 10 October 2012

5 Alasan Demam KPop Melanda Dunia


Demam KPop kini melanda dunia. Dari remaja yang rela merogoh kocek jutaan rupiah demi bertemu artis idola hingga popularitas 'Gangnam Style' yang dikenal dari ibu-ibu sampai anak balita. Bagaimana bisa KPop mengambil alih dunia? Selain wajah ganteng dan cantik sehingga enak dilihat, setidaknya ada 5 alasan pendukung di balik suksesnya para artis KPop jadi idola di dunia. Simak yuk!

1. Perjuangan Panjang


      Yang Hyun Suk (Kiri) Bersama Seo Taiji and Boys 

Di Korea, musik dengan dance mulai dikenal saat grup hip hop Seo Taiji & Boys debut pada 1992 lalu. Kini salah satu personelnya Yang Hyun Suk memiliki salah satu raksasa agensi artis YG Entertainment yang menaungi Bigbang dan 2NE1 yang kini sedang menggelar tur dunia. Kemudian dilanjutkan dengan H.O.T, S.E.S, dan Shinhwa dari SM Entertainment pada 1996-1998.

Dengan demikian, demam KPop sebenarnya bukan sesuatu yang instan. Ada perjuangan puluhan tahun dan orang-orang berpengalaman yang bisa membawa KPop ke dunia internasional seperti sekarang.

2. Kerja Keras


             G-Dragon, Sejak Kecil Sudah Tampil di TV

Satu hal yang patut dicontoh dari idola KPop adalah kerja keras di baliknya. Mereka menjalani training bertahun-tahun tanpa tahu kapan bisa debut di panggung musik. Training biasanya dilakukan setiap hari meliputi pelajaran menyanyi, menari, bahasa, perilaku, dan sebagainya.

SNSD training sejak usia SD, Jo Kwon '2AM' sejak usia 12 tahun dan baru debut 7 tahun kemudian, G-Dragon bahkan training sejak usia 7 tahun dan baru debut di usia 18 tahun! Dengan mental bekerja keras dan tidak mudah menyerah, wajar rasanya jika kini mereka tampil matang dan dihargai fansnya di seluruh dunia.

3. Fan Service


                  Siwon Topless di Atas Panggung

Fan service bagi idola KPop adalah segalanya. Mereka rela tak punya pacar (atau berpacaran diam-diam) demi tak membuat fans patah hati. Dalam variety show mereka selalu tersenyum dan terlihat gembira padahal waktu tidur mereka sedikit sekali karena jadwal yang padat. Kadang jika harus manggung dalam cuaca panas, mereka membagikan sendiri minuman atau es krim pada fans yang sedang mengantre seperti yang dilakukan Lee Hongki 'FT Island'.

4. Kerja Sama Dengan Nama dan Merek Besar


              Minzy Bersama Desainer Jeremy Scott

Idola KPop biasanya bekerja sama dengan nama-nama besar dunia. Seperti menggunakan koreografer yang menangani konser Michael Jackson atau Beyonce Knowles, bekerja sama dengan designer internasional, atau syuting video klip di Amerika dengan model orang Amerika pula.

Karena fans-nya sangat banyak, mereka pun biasanya di-endorse oleh label-label besar. Dengan mudah kita bisa menemukan 2NE1 di iklan sebuah merek perlengkapan olahraga terkenal atau Super Junior di iklan telepon seluler dan televisi pintar. Mereka pun jadi ada di mana-mana.

5. Dukungan pemerintah


                  Konser Psy dari pemkot Seoul

Ini yang terpenting. Pemerintah Korea sangat mendukung bidang hiburan sebagai bagian yang membawa nama Korea ke dunia internasional. Para idola itu dijadikan berbagai duta, seperti KARA sebagai duta makanan Korea. Juga Psy yang akhir-akhir ini terus menjadi berita bahkan dibuatkan konser gratis oleh pemerintah kota Seoul. Pemerintah kota juga menyediakan transportasi tambahan untuk mengakomodasi 80 ribu penonton yang memadati konsernya. Patut dicontoh ya!

Sumber: http://hot.detik.com

0 komentar:

Post a Comment