About Me

Thursday 30 August 2012

Pengobatan Unik Menggunakan Hewan

Manusia itu selalu tergantung pada alam sebagai sumber pengobatan atau perawatan. Mulai dari penggunaan usus domba untuk menjahit luka di jaman kuno dulu nih, sampai penemuan tentang penisilin pada pertengahan abad 20.

Nah dari beberapa pengobatan alam tersebut diantaranya terdapat sepuluh jenis pengobatan Aneh yang menggunakan media hewan.

Pengobatan Psoriasis Dengan Ikan


Nama ikannya adalah Doctor fish (Garra rufa obtusas). Yang ini sudah sering ada di mall-mall indonesia. Fungsinya mengobati penyakit Psoriasis (penyakit kulit). Ikan ini akan memakan kulit mati dari tubuh kita.

9. Pengobatan Dengan Sengatan Lebah


Sengatan lebah mungkin menyakitkan, tapi rupanya mereka juga dapat menenangkan sendi yang meradang (rheumatoid arthritis). Di cina sengatan lebah juga digunakan untuk mngobati herpes dan eksim. The University of San Paulo menemukan bahwa sengatan lebah tidak hanya mengobati, tapi juga mencegah terjadinya radang pada sendi-sendi.

8. Pijatan Ular


Adanya di Israel, fungsinya buat mengobati kram otot. Sekali pijat bisa menggunakan 6 ekor ular sekaligus. Dianjurkan untuk menggunakan ular yang lebih besar apabila kram bersifat parah.

7. Terapi Belatung


Belatung-belatung lalay berfungsi untuk mengobati luka pada tubuh kita. Caranya, belatung-belatung tersebut diletakkan diatas luka, dan para belatung mengeluarkan cairan yang bisa menghancurkan daging yang mati sehingga luka cepat bersih dan proses pengembalian daging yang baru bisa lebih cepat.

6. Terapi Lumba-lumba


Sebuah studi oleh University of Leicester pada tahun 2005 menunjukkan bahwa bermain di air dengan Lumba-lumba dan teman-temannya dalam sesi singkat selama dua minggu dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pasien depresi. Pengobatan ini juga telah digunakan untuk anak-anak autis yang memiliki masalah dengan komunikasi verbal.

5. Jahitan Semut


Di daerah Afrika sampai saat ini masih bisa ditemukan suku yang menggunakan rahang semut atau kekuatan gigitan semut untuk menutupi luka, sehingga tampak seperti dijahit. Hal ini bias terjadi karena rahang semut tersebut memiliki daya cengkram yang sangat kuat, tapi bagaimana rasanya ya? Lukanya saja sudah sakit.

4. Terapi Lintah


Sudah banyak digunakan di Indonesia, biasa penggunaan lintah ini utk mengambil darah kotor, mencegah peradangan atau mengobati demam. Dulu penggunanaan lintah lebih berisiko berbahaya daripa bermanfaat. Tapi saat ini dengan metode baru penggunaan lintah bisa lebih aman terutama untuk mencegah pembekuan darah.

3. Pengobatan Asma Dengan Ikan



Diakukan di India. Caranya, mereka menyiapkan ramuan khusus turun temurun, kemudian ramuan tersebut dimasukkan ke dalam mulut ikan murrel yang kecil, akhirnya ikan ini dimasukkan ke dalam mulut atau hidung pasien. Tiap tahun, mereka bisa melayani ribuan pengunjung.

2. Terapi Kura-Kura


Di Negara kamboja, kura-kura biasa digunakan untuk mengobati penyakit rematik atau penyakit lainnya dengan cara sentuhan. Tapi sayangnya, kadang pengobatan dengan metode ini mengancam hewan tersebut. Karena biasanya mereka akan mati setelahnya, apalagi hewan-hewan tersebut adalah hewan yang dilindungi.

1. Anjing Pendeteksi Diabetes


Anjing memang terkenal bahwa beberapa indra mereka sangat peka. Nah bila dilatih, hewan ini bisa mendeteksi kadar gula manusia, tentunya dengan beberapa alat khusus. Anjing ini akan siap siaga utk melaporkan kadar gula tuannya, apakah terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Sumber: http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=16151160

0 komentar:

Post a Comment