About Me

Monday 23 April 2012

Emosi Orang Terdekat Pengaruhi Kesehatan Anda


"Omelan dan nasehat adalah modal orang-orang dekat agar lebih sehat"

Di usia dewasa, sebagian orang mungkin merasa terganggu dengan nasehat anggota keluarga dan teman yang ingin agar Anda tetap aktif dan fit.
Sebuah riset psikologi soal olahraga menemukan bahwa omelan dari orang-orang di sekitar, yang sering dianggap 'mengganggu' ini, benar-benar bekerja dan membuat Anda bergerak.

Riset itu dilakukan University of Lincoln. Mereka menemukan bahwa pergaulan sosial berpengaruh terhadap aktivitas fisik, terutama orang-orang yang berusia 30-60 tahun. Dari wawancara dengan ratusan orang dewasa di Inggris ditemukan bahwa orang-orang yang aktif sangat dihargai oleh pasangan mereka masing-masing, anak-anak dan teman.

Salah seorang responden dalam riset ini mengatakan bahwa, "Saat sedang duduk nyaman sambil mengemil, istri saya berkata, 'Ayo beranjak dan lakukan sesuatu.' Saya menilai saya memang membutuhkannya," katanya. Sementara yang lain berkomentar bahwa saat sedang duduk, anaknya justru mengajak bermain dan membuatnya bergerak sebab aktif terlibat dalam permainan.

Penelitian ini difokuskan pada dorongan sosial yang mempengaruhi motivasi melakukan aktivitas fisik, bukan faktor tetap seperti gender dan etnis. Dorongan sosial termasuk omelan, dukungan moral dan emosional, dukungan logistik seperti mengasuh anak serta aktivitas sosial antara lain bersama teman.

Penulis studi Dr Richard Keegan, mengatakan, "Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu orang memeriksa gaya hidup mereka secara keseluruhan dan menetapkan apa faktor kunci dalam mempengaruhi tingkat aktivitas mereka," katanya seperti dikutip Dailymail.

Dia menyebut, hambatan umum menjadi aktif di dunia modern adalah kemacetan panjang dan hampir segalanya tersedia hingga mengurangi aktivitas. Ternyata salah satu obatnya adalah hubungan sosial, sebab hubungan itu mampu menjadikan seseorang lebih aktif atau sebaliknya. "Yang terpenting adalah bahwa omelan harus diterapkan agar seseorang sehat dan aktif," ujarnya.

Sumber: vivanews.com

0 komentar:

Post a Comment