About Me

Friday 17 March 2017

9 Robot Canggih yang Digunakan di Medan Perang

Bikin Merinding! Ini 9 Robot Canggih yang Digunakan di Medan Perang

Teknologi robot sudah umum digunakan dalam berbagai bidang, misalnya saja industri, kesehatan, bahkan militer sekalipun. Di dunia militer, nyatanya robot bisa juga digunakan dalam medan peperangan. Dengan segala kecanggihannya bisa jadi membuat kamu terkagum.

Namun, jangan harap robot militer ini seperti memiliki bentuk seperti Mobile Suit Gundam atau Evangelion guys. Mulai dari yang seukuran jari hingga menyerupai tubuh manusia, berikut 9 robot canggih di dunia yang digunakan di medan perang.

MAARS

MAARS

Kamu sebaiknya jangan meremehkan kemampuan dari Modular Advanced Armed Robotic System atau MAARS. Dengan desainnya yang compact, robot canggih untuk perang ini memiliki bentuk seperti tank dalam skala ukuran lebih kecil.

MAARS dilengkapi dengan berbagai persenjataan, mulai dari laser, gas air mata, bahkan pelontar granat sekalipun. Sebelumnya ada juga model SWORDS yang digunakan berperang di Irak beberapa tahun lalu.

DOGO

DOGO

DOGO yang dikembangkan oleh General Robotics malah kelihatan seperti sebuah mainan remote control. Tapi siapa sangka, dengan ukurannya yang sebesar tas ransel, DOGO dilengkapi dengan kamera dan pistol 9-milimeter loh.

Robot canggih untuk perang ini sangat efektif untuk melumpuhkan musuh tanpa menarik perhatian, khususnya dalam membebaskan sandera. DOGO juga dilengkapi lapisan yang cukup kuat, sehingga mampu menahan terjangan peluru.

SAFFiR

SAFFiR

Shipboard Autonomous Firefighting Robot atau SAFFiR sangat membantu dalam proses pemadaman kebakaran terutama di atas kapal. Robot ini dilengkapi dengan kamera dan sensor panas sehingga mampu mendeteksi sumber api.

SAFFiR dibuat oleh mahasiswa dari Virgina Tech, memiliki bentuk humanoid alias menyerupai tubuh manusia. Sayangnya, robot canggih untuk perang ini masih dalam tahap pengembangan sehingga belum sepenuhnya dapat digunakan.

Guardbot

Guardbot

Sebuah robot militer tidak selamanya harus dilengkapi dengan persenjataan. Guardbot mengambil peran penting dalam peperangan, terutama untuk urusan pengintaian dengan dilengkapi sebuah kamera.

Guardbot awalnya didesain untuk digunakan pada penjelajahan planet Mars. Memiliki keunggulan pada bentuknya, Guardbot mampu digunakan dalam berbagai medan, seperti salju, pasir, bahkan mengapung di atas permukaan air.

Gladiator

Gladiator

Berbicara tentang Kekaisaran Romawi, pasti lekat dalam pikiran kita dengan gladiator. Prajurit perang inilah yang menginspirasi robot yang didesain oleh U.S. Marine Corps, yaitu Gladiator Tactical Unmanned Ground Vehicle.

Punya bentuk seperti tank mini, Gladiator dapat digunakan dalam berbagai misi. Dengan kecepatan maksimal hingga 16 km/jam, Gladiator mampu mengangkut sebuah senapan mesin dan pelontar granat.

Alrobot

Alrobot

Gejolak peperangan yang terjadi di Timur Tengah membuat robot militer ikut terlibat di dalamnya. Menurut pemberitaan Baghdad Post, Alrobot yang dikembangkan oleh dua orang pemuda digunakan untuk melawan pasukan ISIS.

Alrobot digunakan untuk meminimalkan risiko yang diterima oleh prajurit manusia. Alrobot sendiri mampu dikendalikan dari jarak jauh dan dilengkapi dengan persenjataan super berat.

Anbot

Anbot

Kamu para gamer mungkin tidak akan asing dengan bentuk robot canggih untuk perang yang satu ini. Anbot yang dikembangkan di Tiongkok oleh National Defense Univesity sekilas memiliki bentuk seperti Wrench Jr. Robot yang ada di seri game Watch Dogs 2.

Anbot dikembangkan sebagai robot polisi yang digunakan untuk berpatroli. Anbot yang memiliki kecepatan hingga 18 km/jam ini mampu melontarkan alat kejut listrik apabila dalam keadaan bahaya dan darurat.

RoboBee

RoboBee

Pernahkah terbayang di pikiran kamu mengenai robot dengan ukuran super kecil? Siapa sangka robot yang dikembangkan oleh Harvard’s Microbiotics Laboratory ini punya ukuran dan memiliki kemampuan terbang layaknya serangga.

RoboBee bisa jadi robot masa depan yang digunakan dalam keperluan pengintaian dan militer sekalipun. RoboBee kemungkinan akan dilengkapi dengan kemampuan mentransmisikan video ataupun audio.

 PD-100 Black Hornet

PD-100 Black Hornet

Satu lagi robot militer yang bisa terbang dan memiliki bentuk seperti drone mini. PD-100 Black Hornet dibuat oleh perusahaan Prox Dynamics. Black Hornet dilengkapi dengan sebuah kamera yang memungkinkan pengguna merekam video dari jarak yang aman.

Black Hornet telah digunakan oleh kalangan militer di Inggris. Sepanjang penggunaannya, Black Hornet dapat bekerja dengan baik dalam setiap misi pengintaian.

Sumber:
https://www.kaskus.co.id/thread/58c8c94d2e04c8ab608b4571
https://jalantikus.com/gadgets/robot-canggih-untuk-medan-perang/

0 komentar:

Post a Comment