About Me

Sunday 29 April 2012

Bumbu Oregano Dalam Pizza Cegah Kanker Prostat


Mungkin ini berita yang bakal jarang Anda dengar kalau memakan pizza ternyata bisa menyehatkan karena Pizza biasanya dikenal sebagai makanan yang tak sehat. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa salah satu bumbu pembuat pizza bisa menjadi senjata pelawan kanker prostat.

Ilmuwan telah menemukan bahwa oregano, bumbu yang biasa digunakan pada pizza dan makanan Italia lainnya, berpotensi untuk menjadi senjata yang ampuh untuk memerangi kanker prostat.

Kanker prostat adalah kanker paling umum pada pria dan telah menewaskan lebih dari 10.000 setiap tahunnya di dunia, sungguh sebuah angka yang mengerikan.

Obat yang terinspirasi dari bahan ini bisa memiliki lebih sedikit efek samping dibanding pengobatan lain yang telah ada, yang dapat menyebabkan masalah mulai dari inkontinensia (tak bisa menahan keinginan untuk buang air kecil) hingga impotensi.

Peneliti dari Long Island University, New York, mempelajari carvacrol, yaitu bahan kimia yang terkandung di dalam oregano. Saat zat ini ditambahkan pada sel-sel kanker prostat yang dikembangkan di laboratorium, maka bisa dengan cepat 'menyapu bersih' sel kanker.

"Dalam waktu empat hari, hampir semua sel terbunuh. Pengujian menunjukkan hal itu memicu sel untuk bunuh diri," jelas peneliti pada Konferensi Experimental Biology di San Diego, seperti dilansir Dailymail, Rabu (25/4/2012).

Bahan kimia oregano sekarang dapat digunakan sendiri sebagai pengobatan terhadap kanker. Namun para ahli memperingatkan, ketika oregano dimakan bisa jadi carvacrol dicerna sebelum didapat manfaatnya.

"Beberapa peneliti sebelumnya telah menunjukkan bahwa makan pizza dapat mengurangi risiko kanker. Efek ini telah banyak dikaitkan dengan lycopene, zat yang ditemukan dalam saus tomat. Tapi kami sekarang merasa bahwa bumbu oregano mungkin memainkan peran," jelas farmakolog Dr Supriya Bavadekar, yang juga terlibat dalam penelitian.

Lycopene merupakan pigmen yang memberikan warna pada tomat dan telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk menangkal kanker dan mengurangi risiko penyakit jantung.

"Jika penelitian terus menunjukkan hasil positif, bumbu super ini dapat menghasilkan terapi yang sangat menjanjikan untuk pasien dengan kanker prostat," lanjut Dr Bavadekar.

"Sebuah keuntungan yang signifikan adalah bahwa oregano umumnya digunakan dalam makanan. Kami berharap ini diterjemahkan ke dalam penurunan risiko efek toksik berat. Tapi penelitian ini adalah tahap yang sangat awal dan penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam penggunaan di klinik.", lanjutnya.

Sumber:
health.detik.com
http://febriyanis.blogspot.com/2012/04/makan-pizza-dapat-mencegah-kanker.html

0 komentar:

Post a Comment