About Me

Friday 3 February 2012

Ternyata, Orangutan Bisa Kurangi Pemanasan Global


PEMANASAN global dan dampak yang mungkin ditimbulkan menjadi ketakutan banyak penduduk dunia. ketika solusi berat dirumuskan, salah satu jawabannya ternyata sederhana, yakni orangutan.

Orangutan (Pongo pygmaeus) adalah primata yang hidup di wilayah hutan hujan tropis Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Hewan ini tinggal di atas pepohonan dengan memakan tumbuhan, buah-buahan, serta beberapa jenis serangga.

Ternyata, keberadaan orangutan di hutan dapat mengurangi efek pemanasan global. Bagaimana bisa?

"Orangutan memakan biji-bijian, tumbuhan, serta buah-buahan yang didapat dari hutan, kemudian ia berkeliaran ke sana kemari, membantu pembenihan hutan tersebut," tutur Jamartin Sitihe selaku Presiden Direktur PT Restorasi Habitat Orangutan Indonesia (RHOI) saat jumpa pers "Operasi Penyelamatan & Pelepasliaran Orangutan di Kalimantan Timur" di Jakarta, Kamis (02/02/2012).

Manfaat orangutan bagi lingkungan ini mirip dengan yang dilakukan lebah saat menyebarkan benih tanaman. "Dengan begitu, secara tidak langsung orangutan membantu regenerasi hutan," lanjutnya.

Ketika semakin banyak tumbuhan, paru-paru dunia pun semakin lebat untuk menghasilkan udara bersih. "Dengan keberadaan hutan yang banyak, maka semakin banyak penyerapan karbondioksida dan akan mengurangi efek pemanasan global," tukasnya.

Sumber: Okezone.com

0 komentar:

Post a Comment