About Me

Tuesday 28 February 2012

Ada Aturan Offside di Uang Koin Inggris


Anda penonton sepakbola, tapi masih bingung dengan peraturan offside? Jangan khawatir. Kini sebuah diagram yang menjelaskan aturan ini tergambar di uang koin Inggris.

Sebuah koin bernilai 50 penny yang bergambar diagram aturan offside akan diluncurkan di negerinya Ratu Elizabeth itu. Koin ini merupakan satu dari 29 koin edisi khusus untuk menyambut Olimpiade 2012 yang akan digelar di London.

Di sisi belakang koin yang menjadi tempat digambarkannya diagram itu, tergambar sebuah kotak yang menggambarkan separuh lapangan. Di dalam kotak itu terdapat empat titik yang masing-masing mewakili pemain yang mengumpan, pemain bertahan, dan dua penyerang.

Di titik yang mewakili pengumpan tergambar dua garis panah yang mengarah ke dua titik penyerang yang ada di posisi berbeda. Di satu titik penyerang yang berada sejajar dengan titik yang merupakan pemain bertahan, tertulis 'NOT OFFSIDE' di sampingnya. Sedangkan satu titik penyerang yang posisinya lebih maju dibanding pemain bertahan tertulis 'OFFSIDE' di sampingnya.

Desain itu merupakan karya seorang jurnalis yang bernama Neil Wolfson. Ia merancang diagram di koin ini setelah mengikuti kompetisi desain dua tahun lalu.

"Saya adalah seorang jurnalis olahraga dan saya melihat peluang ini sebagai perluasan yang alami dari apa yang saya lakukan," ujar Wolfson seperti dilansir oleh AFP.

"Saya adalah penggemar sepakbola, saya mengikuti Premier League sejak awal dan jika saya memperoleh 50 penny untuk setiap orang yang bertanya pada saya tentang aturan offside maka saya akan jadi orang kaya."

"Ketika koin ini diedarkan saya berharap orang-orang menyukainya dan bisa menggunakannya untuk menjelaskan aturan offside," harapnya.

Sumber: sport.detik.com


Baca juga: Sejarah dan Rincian Peraturan Offside Dalam Permainan Sepakbola

0 komentar:

Post a Comment