About Me

Wednesday 11 January 2012

Kondisi yang Paling Sering Bikin Orang Terbangun Saat Tidur


Banyak orang yang terganggu dengan beberapa hal ketika tidur. Tentu saja akan sangat terganggu jika tiba-tiba terbangun di malam hari. Namun, bagaimanapun tidur yang berkualitas harus tetap didapatkan agar tubuh bugar dan fit.

Berikut 5 hal yang paling umum dapat mengganggu tidur seperti dikutip dari Caring, Rabu (11/1/2012) antara lain:

1. Terbangun tanpa alasan dengan banyak hal yang dipikirkan
Terbangun tengah malam karena sedang banyak pikiran adalah hal yang sering dihadapi oleh banyak orang dari segala usia. Jika hal tersebut terjadi, maka yang perlu dilakukan adalah rileks dan kembali tidur, serta mengesampingkan memikirkan hal yang membuat cemas atau khawatir.

2. Terbangun karena harus ke kamar mandi dan tidak dapat kembali tidur
Tiba-tiba terbangun, karena ingin ke kamar mandi (nokturia) dapat mengganggu siklus tidur. Kondisi ini sering menyebabkan banyak orang tidak dapat kembali tidur. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegah nokturia adalah dengan mengurangi minum sebelum tidur.

3. Terbangun karena nyeri
Dari semua jenis nyeri kronis adalah salah satu pengganggu tidur yang paling sering dialami oleh banyak orang. Sekitar 60-90 persen orang menderita beberapa jenis nyeri kronis hingga menyebabkan terbangun saat tidur. Nyeri ringan dapat memiliki efek mendalam pada tidur sebagai rasa sakit yang hebat.

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengatasi rasa nyeri tersebut seperti mengompres atau memakai pereda sakit.

4. Lingkungan sekitar tidak kondusif untuk tidur
Cahaya, suara, perubahan suhu dan getaran semua memiliki efek untuk dapat menyebabkan tubuh tetap waspada. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan meminimalkan gangguan tersebut dan mencoba tetap tenang.

5. Terbangun karena gangguan sistem pencernaan
Perut keroncongan, mulas, atau karena perut terasa kembung dapat menyebabkan terbangun secara tiba-tiba. Gastroesophageal reflux disease (GERD), juga dapat mengganggu tidur tanpa disadari. Hal yang dapat dilakukan untuk mencegah gangguan sistem pencernaan saat tidur adalah dengan makan makanan yang ramah lambung ketika dekat waktu tidur.

Sumber: Detikhealth.com

0 komentar:

Post a Comment