About Me

Tuesday 21 March 2017

Mengapa Hanya Ada 4 Warna Paspor di Dunia?



Alasan Kenapa Hanya Ada 4 Warna Paspor di Dunia

Ternyata cuma ada 4 variasi warna sampul paspor di dunia. Setiap negara punya alasan tersendiri dalam memilih warna tertentu, termasuk juga Indonesia yang memilih warna hijau.

Merah



Sampul paspor dengan sampul warna merah ini biasanya digunakan oleh negara-negara yang mempunyai sejarah komunis ataupun yang sedang menjalankan sistem komunis pada saat ini. Slovenia, RRC, Serbia, Rusia, Latvia, Romania, Polandia, dan Georgia menggunakan sampul paspor warna merah. Negara anggota Uni Eropa, kecuali Kroasia, juga memakai warna merah burgundy ataupun warna kemerah-merahan.

Negara-negara yang tertarik untuk bergabung ke Eropa, seperti Turki, Macedonia, dan Albania juga mengganti warna paspornya menjadi merah sejak beberapa tahun yang lalu. Selain itu, Negara yang tergabung dalam The Andean Community of Nations di Amerika Selatan seperti Bolivia, Kolumbia, Ekuador, dan Peru juga memakai paspor dengan warna merah burgundy.

Biru



Warna biru ini merupakan yang paling banyak digunakan. Warna biru melambangkan 'new world'.15 negara Karibia juga menggunakan warna biru. Beberapa negara di Amerika Selatan juga menggunakan warna biru untuk melambangkan hubungan dengan Mercosur (nama sebuah persatuan perdagangan 4 negara Brazil: Argentina, Uruguay dan Paraguay). Paspor Amerika juga baru diubah menjadi warna biru pada tahun 1976.

Hijau



Kebanyakan negara yang berpenduduk mayoritas muslim menggunakan warna hijau. Misalnya, Maroko, Arab Saudi, dan Pakistan, termasuk Indonesia. Warna hijau dipertimbangkan karena merupakan warna favorit dari Nabi Muhammad SAW dan juga simbol dari alam dan kehidupan.

Warga dari beberapa negara Afrika Barat seperti Burkina Faso, Nigeria, Pantai Gading dan Senegal juga menggunakan berbagai varian dari warna hijau. Mereka memakai warna hijau untuk menunjukkan bahwa mereka tergabung dalam ECOWAS (the Economic Community of West African States).

Hitam



Inilah warna paspor yang paling jarang digunakan. Sampul paspor warna hitam ini bisa ditemukan di beberapa negara Afrika seperti Botswana, Zambia, Burundi, Gabon, Angola, Chad, Kongo, Malawi dan lainnya. Selandia Baru juga memakai warna hitam karena hitam karena hitam ada adalah warna kebangsaan negara ini.

Peta Dunia Berdasarkan Warna Sampul Paspor

Sumber: https://www.kaskus.co.id/thread/58cf7d05925233257b8b456f/alasan-kenapa-hanya-ada-4-warna-paspor-di-dunia/

0 komentar:

Post a Comment